Asam Pedas Cumi


Bismillah

Madinah benar-benar sudah memasuki musim dingin. Yay, nggak perlu hidup Ac lagi. Ac nya bisa pensiun sementara dulu deh. Cuma dinginnya masih belum menggigit. Air sudah dingin banged seperti es. Tapi masih belum perlu pakai kaos kaki. Cukup pakai baju panjang dan celana panjang aja. Kalau sudah puncaknya, kaki ini selalu kerasa basah walaupun pakai kaos kaki. Kalau saya sih suka yang begini aja udaranya, jangan nambah dingin lagi, hehehee.

Sudah dua hari saya full nggak masak. Kemarin dan kemarin lusa. Zauji deh yang berganti peran jadi koki. Ini disebabkan pinggang dan kaki saya sakiiiit sekali, biasa resiko hamil tua, udah sering senut-senut rasanya tulang ini. Alhamdulillah hari ini bisa masak. Sayang juga cuminya nggak dimasak-masak padahal udah ngileer banged sama asam pedas cumi. Memang kemarin niat awal beli cumi karena pengen makan asam pedas cumi. Cocok juga dimakan dingin-dingin gini, karena asam pedas cumi ini kan berkuah. Masakan sedap, favorit keluarga deh. Apa aja di asam pedas rasanya enak sekali. Saya memakai resep turun temurun dari umi, udah cocok aja rasanya di lidah ini, nggak mau beralih dulu deh. Biasanya di rumah ada stok asam keping, qadarullah pas mudik kemarin nggak "nyetok" karena memang kondisi pas pulang yang hamil muda, malas ke pasar, alhasil sekarang menyesal nggak beli teri, ebi dan lain-lain. 

Sebenarnya saya ingin membuat cumi goreng tepung juga, tapi cuminya tinggal sedikit. Ini aja pas makan siang udah habis tiga perempatnya lauk, padahal cuminya udah dimasak semuanya. Memanglah kalau dimasak gini, semua suka. Oya, warna asam pedas ini supaya lebih merah dikasi cabe kering, tapi dirumah memang sedang nggak ada. Ini sengaja nggak dibuat pedas karena anak-anak juga makan, anak-anak juga suka yang kuah-kuah persis abinya. Kalau resep umi ini takarannya kira-kira, jadi saya modif lagi supaya lebih enak diikuti. Yok buat asam pedas :D



Resep Asam Pedas Cumi
Sumber: Dapur Comel Selma

Bahan:

1. 300 gram cumi
2. 15 cabe merah (saya cabe merahnya nggak pedas)
3. 7 buah bawang merah
4. 5 siung bawang putih
5. 1 cm kunyit
6. 1 cm jahe
7. 1 cm lengkuas
8. 2 lembar daun salam
9. 2 lembar daun jeruk
10. Asam keping, jawa atau belimbing (saya pakai jeruk lemon)
11. Sereh
12. 200 ml air




Cara Membuat:

1. Haluskan cabe, bawang merah (5 buah), bawang (3 siung), kunyit dan jahe. Dan iris sisa bawang merah dan bawang putih.
2. Tumis irisan bawang hingga wangi, masukkan bumbu halus, daun dan sereh serta lengkuas yang sudah dimemarkan.
3. Aduk rata hingga matang, masukkan cumi, aduk hingga cumi matang.
4. Masukkan asam lalu tuang air, masak hingga mendidih. Bubuhkan garam secukupnya, koreksi rasa. Sajikan hangat.

Selamat Mencoba ^_^

3 comments:

Sumarti Saelan said...

Jakarta juga lagi dingin, kayanya seger banget deg klo makan beginian ;)

Nunung Yuni A said...

Woow...makanannya enak-enak disini..cleguks...Salam kenal mak.

Dapur Comel Selma said...

@mak sumarti iya mak....yang anget-anget gini cocok buat musim dingin atau musim hujan di indo...tapi kalau kami sekeluarga memang doyan yang berkuah-kuah
@mak nunung yuk coba buat mak...salam kenal juga, tx for visit my blog