Banana and Pandan Caramel Pudding



Bismillah

Masih penasaran sama puding panggang, kali ini giliran caramel puding yang jadi sasarannya. Dan masih edisi pisang sebagai bahan utamanya, karena memang suka aroma pisang didalam puding panggang. Setoran yang ini perpaduan pisang dan pandan, klop deh aromanya, wangi memikat, tapi kok rasanya mirip-mirip bubur sumsum. Lembut dan manis. Karena nggak ada ramekin yang banyak, pudingnya saya cetak di botol selai saja, lumayan imut juga jadinya. 

Pengalaman yang paling berkesan dari proses pembuatan puding ini ketika membuat karamelnya. Gagal melulu...ketahuan banged kalau belum pernah buat karamel. Hiks, saya akui saya memang pemulllaaaaa banged, belajar masak semua otodidak, gurunya cuma internet, jadi wajar saja ya teman-teman kalau hasilnya nggak sekeren buatan teman-teman, tapi percayalah, ada seni sendiri ketika mengalamai kegagalan dan keberhasilan setelahnya, terasa puas sekali. Apalagi hasil buatan kita disukai keluarga tercinta.




Back to trial and error pembuatan karamel, percobaan ketiga baru karamelnya bisa tercipta. Yang pertama gulanya jadi air gula, percobaan kedua malah jadi kristal gula. Nah percobaan ketiga menggunakan teflon barulah karamel coklat cantik pun tercipta. Alhamdulillah, senangnya. Ternyata membuat karamel punya proses tersendiri yang tetap harus dipelajari, hehehee. 

Resep puding ini saya contek dengan sedikit modifikasi dari resepnya mbak nina, jazakillahu khairan mbak nina, pudingnya enak banged. Yuk intip resepnya.




Resep Banana and Pandan Caramel Pudding
Sumber: Catatan Nina

Bahan Karamel:

1. 250 gram gula pasir
2. 125 ml air panas

Bahan Puding:

1. 2 buah pisang, haluskan
2. 300 ml susu cair
3.  4 butir telur
4. 35 gram gula pasir
5. Pasta pandan secukupnya

Cara Membuat:

1. Karamel: Panaskan gula dengan 100 ml air panas. Masak dengan menggunaka api kecil agar gula tidak mudah gosong. Aduk-aduk dan masak hingga gula mendidih dan berwarna kecoklatan, kemudian tambahkan sisa air panas. Aduk cepat.
2. Tuang karamel dengan cepat kedalam ramekin, gelas atau cetakan aluminium foil.
3. Campur susu dan pisang, aduk rata.
4. Kocok lepas telur dan gula pasir hingga larut, kemudian tuang perlahan kedalam campuran susu dan pisang sambil diaduk. Tetesi pasta pandan secukupnya.
5. Tuangkan keatas karamel dalam ramekin atau gelas tadi.
6. Panggang  di oven 160 C dengan cara meletakkan wadah puding diatas loyang berisi air panas selama lebih kurang 60 menit,
7. Angkat dan siap disajikan hangat atau dingin,

Selamat Mencoba ^_^



No comments: