Banana Chiffon Cake




Bismillah

Alhamdulillah senang.....akhirnya bisa juga buat chiffon cake yang benar-benar tinggi menjulang #lompat-lompat. Praktek sebelumnya cuma dapat lembutnya tok, tapi masih kurang tinggi. Dan alhamdulillah sekarang bisa tinggi juga, nggak mengempis chiffonnya, menjulang mencakar langit #lebay mode on. Errornya praktek kali ini cuma atasnya rada sedikit gosyong, gara-gara sibuk goreng ikan, lupa ngecek oven dan matikan api atasnya, alhamdulillah masih sedikit saja hangusnya udah keburu dicek.



Rasa cake ini khas banged cake chiffon, lembuuut apalagi pemakaian pisang sebagai bahan utamanya, tambah lembut. Aromanya juga wangiiii, seluruh rumah wangi pisang panggang, hmm lezatnya...cake nya jadi gede, bisa disimpen. Anak-anak dan abinya kompak bilang enak, senangnya hatiku. Setelah beberapa kali gagal akhirnya sukses juga. Jadi semangat buat cake chiffon berbahan lainnya, mudah-mudahan sama enaknya dengan yang sekarang, aamiin.



Resep Banana Chiffon Cake
Sumber: Dapur Griya Khayangan Ariesta Mikdar
Modifikasi: Dapur Comel Selma

Bahan:

1. 6 kuning telur
2. 1/4 sdt garam
3. 60 ml minyak sayur
4. 200 gram pisang lumat
5. 1 sdt air jeruk lemon (campur ke pisang lumat)
6. 50 gram gula pasir
7. 150 gram tepung terigu
8. 1/4 sdt soda kue
9. 6 putih telur
10. 1 sdt air jeruk nipis
11. 100 gram gula halus



Cara Membuat:

1. Kocok kuning telur, gula pasir dan garam. Masukkan tepung terigu dan soda kue sambil diayak sedikit demi sedikit, aduk menggunakan whisk.
2. Masukkan pisang lumat, aduk lagi, tuangkan minyak sayur, aduk hingga tercampur rata.
3. Kocok terpisah putih telur, tambahkan air jeruk nipis, tabur gula halus sedikit demi sedikit sambil dikocok hingga soft peak. 
4. Masukkan sedikit adonan putih telur ke adonan tepung, aduk hati-hati dan perlahan, masukkan kembali ke wadah adonan putih telur, aduk hingga rata.
5. Tuang ke loyang chiffon tanpa dioles margarin dan dialas kertas roti. Panggang dengan suhu 180 C selama 45 menit.
6. Setelah matang, balikkan dileher botol kaca atau jika loyangnya sudah berkaki seperti punya saya tidak perlu diatas leher botol kaca. Dinginkan kemudian potong dan sajikan.

Selamat Mencoba ^_^

No comments: