Banana, Dates and Chocolate Bread Puding



Bismillah

Perdana nih nyoba tantangan LBT atau grup Let's Baking Together yang ke 36 dengan tema "Puding Panggang". Puding merupakan salah satu desert yang populer. Dahulu puding hanya dikenal di kalangan orang eropa saja, tapi sekarang puding sudah mendunia, bahkan kita sebagai orang asia juga menyukai puding. Puding bisa disajikan hangat ataupun dingin. Ada puding yang manis dan ada juga yang savory dan asin. Cara membuatnya juga bermacam-macam, dengan penambahan agar-agar, gelatin atau dengan cara dikukus bahkan dipanggang, Puding panggang tentu saja memiliki cita rasa tersendiri yang berbeda dengan puding yang dibuat dengan cara selainnya. Tapi yakin deh, semuanya enaaaak, nyeeees di mulut. Suka sekali. 





Nah tema bulan ini yaitu puding panggang atau puding yang dibuat dengan cara dipanggang. Ada beraneka macam jenis puding yang dibuat dengan cara demikian, Contohnya puding roti, puding caramel dan puding casablanca. Puding roti yang menjadi setoran saya bulan ini berbeda dari yang biasanya, Pudingnya benar-benar kaya rasa dan kaya gizi. Cocok buat sarapan pagi yang memerlukan energi yang cukup banyak untuk beraktivitas. Gimana nggak kaya rasa, semua bahannya kesukaan anak-anak, ada pisang, kurma dan coklatnya, sedeeeeep banged. Supaya manisnya balance saya taburi kismis dan wijen diatasnya, ada asam-asamnya jadinya, enaak, Bukan kesukaan anak-anak aja deh, umi abinya juga doyan.

Oya, saya membuat pudingnya dalam dua pinggan, satu yang gede, satu di remakin love mungil kebetulan habis belanja remakin, nemunya cuma satu, hiks sedih, hehee nggak papa sementara itu sendiri dulu ya. Kalau yang di remakin kecil tanpa coklat, cuma pisang dan kurma aja, rasanya menurutku lebih nendang yang ada coklatnya, hehehee.





Resep aslinya dari resep puding roti coklat di blog cantik mbak nina tapi udah dimodifikasi habis-habisan, rotinya juga nggak pakai roti coklat, supaya kelihatan lebih cantik, bermotif hitam putih belang-belang, overall daripada penasaran, intip resepnya yuuk.





Resep Banana, Dates and Chocolate Bread Puding
Sumber: Catatan Nina
Modifikasi: Dapur Comel Selma

Bahan:

1. 12 lembar roti tawar 
2. 600 ml susu cair
3. 125 gram gula pasir (bisa dikurangi menyesuaikan manisnya pisang dan kurma)
4. 3 butir telur
5. 1 kuning telur
6. 1 sdt vanilla
7. 3 sdm margarin leleh
8. 1 sdm coklat bubuk
9. 3 buah pisang, iris bulat.
10. Kurma secukupnya, buang bijinya.
11. Kismis dan wijen buat taburan (optional)





Cara Membuat:

1. Panaskan oven 170 C. Siapkan loyang tahan panas, oles tipis dengan margarin, sisihkan,
2. Potong-potong roti tawar menjadi empat bagian persegi atau disobek-sobek, sesuai selera.
3. Hangatkan susu cair dan masukkan gula pasir, aduk sampai gula pasir larut. Dinginkan.
4. Masukkan telur, aduk rata menggunakan whisk. Lalu masukkan margarin dan vanilla, aduk rata lagi.
5. Ambil 100 ml larutan susu, hangatkan dan campur dengan coklat bubuk, aduk rata.
6. Tata 1/3 bagian roti tawar di dasar pinggan, tuang setengah larutan susu, biarkan meresap. 
7. Tabur permukaannya dengan kurma , lalu tata lagi roti tawar diatasnya.
8. Tuang sisa larutan susu, biarkan meresap kembali. Tata pisang dipermukaannya.
9. Tata kembali dengan sisa roti tawar dan tuang dengan larutan susu coklat.
10. Taburi atasnya dengan kismis dan wijen.
11. Panggang dengan cara steam bake (panggang diatas air) selama kurang lebih 20 menit (dipanggang dengan cara biasa juga bisa, tapi teksturnya nanti kurang lembut). Setelah itu turunkan suhunya menjadi 150 C dan lanjutkan memanggang selama 30 menit atau hingga puding set.
12. Sajikan hangat ataupun dingin.

Selamat Mencoba ^_^

Alhamdulillah puding ini bisa menjadi pemenang LBT Puding Panggang, padahal perdana banged. Terharuuu... Terima kasih Host LBT #36 PUDING PANGGANG.




No comments: