Homemade Strawberry Jam




Bismillah

Yang namanya suprise selalu buat kaget ya, salah satunya suprise yang diberikan zauji berupa sekotak imut strawberry segar.  Walaupun kelihatannya biasa aja, tapi saya senang sekali. Zauji tahu banged kalau saya suka strawberry, dan jika ada yang kebetulan jual, zauji suka membelikan. Terharu rasanya setiap dibelikann sesuatu yang kita sukai. 

Seperti biasa, selain mengkonsumsinya segar begitu saja, rasanya nggak tahan kalau nggak diolah menjadi sesuatu yang baru. Nah, pas browsing net buat nyari resep yang simpel dan cocok, selalu saya temukan pemakaian selai strawberry sebagai bahannya. Langsung saja terlintas ide membuat selai strawberry. Selama ini, cuma pernah membuat selai nanas buat nastar saja, Kebetulan stok selai aprikot di rumah tinggal sedikit. Padahal kami suka sekali makan roti dengan selai buah atau coklat.



Selai merupakan salah satu jenis makanan awetan yang berupa sari buah atau buah-buahan yang sudah dihancurkan, ditambahkan gula kemudian dimasak hingga mengental dan  setengah padat. Pembuatannya mudah menurutku, hanya harus agak sabar aja menunggu selainya mengental, Buah-buahan asam sendiri seperti strawberry, aprikot, jeruk dan nanas memiliki pektin alami yang jika berpadu dengan gula akan mengental. Tapi penambahan jeruk lemon atau jeruk nipis supaya menambah kadar pektin pada buahan utama sehingga lebih cepat mengental. Selain itu membuat hasil selai lebih terasa wangi. Itulah kelebihan utama membuat selai sendiri, bebas bahan pengawet karena biasanya selai pabrikan menambah pektin kimia dalam proses pembuatan selainya. Rasanya selai buatan sendiri juga bisa menyesuaikan dengan selera kita. Bahkan menurutku selai homemade ini lebih enak dan wangi tanpa aroma aneh seperti selai pabrikan. Yuk buat selai sendiri di rumah.



Resep Homemade Strawberry Jam
Sumber: Catatan Nina

Bahan:

1. 500 gram strawberry segar, cuci bersih
2. 400 gram gula pasir
3. 4 sdm air lemon atau air jeruk nipis

Cara Membuat:

1. Persiapkan botol selai dan lakukan sterilisasi dengan mendidihkan air kemudian memasukkan botol selai selama lebih kurang 10 menit lalu matikan api. Biarkan botol selai didalam air panas.
2. Potong-potong strawberry. Masak diatas pan atau wajan dengan api kecil hingga lunak dan mengeluarkan air kira-kira 10 menit.



3. Masukkan gula pasir dan air jeruk lemon atau air jeruk nipis. Masak sambil diaduk agar bawahnya tidak gosong. 



4. Tekan-tekan buah strawberry hingga hancur, bila menginginkan tekstur buah kasar, jangan ditekan terlalu halus.
5. Masak hingga mengental, lalu besarkan api sebentar saja hingga mendidih. Matikan api.



6. Ambil botol selai yang sudah disterilisasi, lap dengan tissue atau serbet bersih, masukkan selai yang masih panas kedalam botol selai. Tutup rapat.
7. Setelah dingin, selai bisa dikonsumsi.

Selamat Mencoba ^_^







No comments: