Karakeling




Bismillah

Sore ini rasanya lapar banged, pengen yang manis-manis pula tu. Padahal harusnya nggak boleh ya. Tapi apa mau dikata, yang asin malah nggak selera, hiks-hiks, Akhirnya bela-belain buat kue deh. Habis di rumah selalu nggak ada persediaan kue, selalu ludes sama anak-anak. Nah pilihanku jatuh pada kue tradisional ini, Namanya karakeling. Kue ini termasuk jajanan khas indonesia, tepatnya khas medan. Bentuknya lumayan unik, kue angka delapan dengan lapisan gula. Pas intip resepnya pakai tepung ketan, berarti ada kenyal-kenyalnya nih. Penasaran banged deh jadinya.

Ketika dibuat, ternyata dibutuhkan kesabaran yang cukup ekstra. Karena udara yang kering, adonan cepat sekali mengering, susah dibentuk jadinya. Terpaksa ditambah minyak dan telur lagi supaya lembut. Plus sabar menunggu minyaknya dingin dulu setelah menggoreng kloter pertama. Tapi kesabaran ini berbuah hasil kok. Dapat menikmati kue yang kenyal manis ini. Hmm suka deh, wangi ketannya berasa, Jadi nambah list kue khas indonesia lagi deh. Ditambah pengalaman tentunya. ^_^




Resep Karakeling
Sumber: Just Try and Taste dari Majalah Sedap

Bahan Kue:


1. 300 gram tepung ketan 
2. 4 butir telur ayam
3. 1/4 sendok teh garam
4. Minyak untuk menggoreng

Bahan Besta:


1.  200 gram gula pasir
2. 1/4 sendok teh cuka
3. 100 ml air
4. 1 sendok makan minyak



Cara Membuat:

1. Kocok telur menggunakan mixer hingga kaku. Matikan mixer. Masukkan tepung ketan dan garam. Aduk rata, uleni hingga menjadi adonan yang bisa dibentuk. Tambahkan tepung ketan sedikit-sedikit jika masih lengket.
2. Bentuk kue menjadi angka delapan.
3. Siapkan wajan, beri minyak agak banyak. Rendam kue terlebih dahulu ke dalam minyak dingin. Jangan terlalu banyak memasukkan kue karena kue akan mengembang.
4. Taruh wajan di atas api kecil hingga mekar. Goreng hingga kuning kecoklatan.
5. Lapisan besta: Panaskan minyak, masukkan gula pasir dan air, aduk hingga gula mencair, kental dan berambut. Masukkan kue, aduk-aduk. Matikan api. Terus aduk kue dan gula hingga seluruh permukaan kue terselimuti. 
6. Dinginkan dan simpan kue dalam wadah kedap udara. 

Selamat Mencoba ^_^

No comments: