Mangkuk Dadar isi vla bertabur kismis


Bismillah

Lagi "kepunan" kue manis, udah beberapa hari ini ingin makan kue basah tradisional tapi yang manis. Kemarin sore zauji padahal buat bakwan tapi saya nggak seberapa selera, jadi cuma makan sedikit. Akhirnya pagi ini bela-belain bikin kue manis, walaupun kaki masih senut-senutan. Pilihanku jatuh pada getas atau mangkuk dadar, pas dicek bahannya, ternyata lengkap buat bikin mangkuk dadar, yaudah getas nunggu antrian selanjutnya ya,

Eh siapa yang "ngidam", siapa yang makan. Pas jadi, yang paling semangat makan ya anak-anak. Saya kebagian sedikit aja, kepaksa deh ngalah sama anak-anak. Alhamdulillah sempat nyisakan buat zauji. MasyaAllah enak banged kuenya, sukseslah walau percobaan perdana. Resep aslinya pakai taburan nangka, tapi saya modifikasi dengan taburan kismis, karena gimana mau nyari nangka di madinah. Padahal saya fikir kalau pakai nangka pasti lebih "nendang" rasanya. Tapi perpaduan dengan kismis juga oke punya kok, ada asem-asemnya, jadi rasa manisnya bisa terbalance. Yah, walaupun tetap sedap ditabur buahan asli ya.



Kalau saya telaah sih, mangkuk dadar ini mirip kue basah "Lumpur Lapindo" yang pernah saya buat sebelumnya, sayang file fotonya hilang dan nggak dimasukin di blog ini. Bedanya cuma kue lumpur lapindo seperti khasnya kue lumpur memakai bahan kentang sebagai bahan utamanya. Tapi penampakannya benar-benar sama. Cara buatnya juga nggak jauh beda deh.

Sebenarnya mangkuk dadar ini lebih gampang dibuat dengan snack maker. Berhubung yang ada dirumah cuma cetakan tradisional, ya sudah saya pakai aja cetakan kue lumpur yang berat itu. Lumayan harus sabar menjungkit mangkok dadarnya, trus nggak bisa pakai api sedang seperti yang di resep, karena bisa gosyong teman-teman. Harus pakai api kecil supaya bawahnya cantik. Vlanya juga harus dituang pas anget-anget, karena kalau sudah dingin, vla nya akan membeku. Lucu deh, saya sangka kalau dimakan belepotan vla kemana-mana, ternyata pas dingin, vlanya membeku, cantik jadinya ketika digigit. Sayang lupa memotret penampakannya ketika digigit. Snack ini cocok dibuat kalau ada acara-acara, simpel, lezat dan mengenyangkan, Recomended deh. Mari mencoba. Mudah-mudahan sukses yah.



Resep Mangkuk Dadar isi vla bertabur kismis
Sumber: Hesty Kitchen
Modifikasi: Dapur Comel Selma

Bahan Kulit:

1. 200 gram tepung terigu
2. 2 sdm gula pasir
3. 2 butir telur
4. 1/2 sdt garam
5. 400 ml santan encer
6. 3 tetes pasta pandan
7. 1 sdm margarin leleh

Bahan Vla:

1. 500 ml santan agak kental
2. 50 gram tepung maizena
3. 125 gram gula pasir
4. 1/4 sdt garam



Cara Membuat:

1. Buat kulitnya dengan menggunakan snack maker atau cetakan kue lumpur seperti saya. Campur bahan kering, lalu masukkan telur, santan , pasta pandan dan margarin leleh bergantian sedikit demi sedikit.
2. Aduk menggunakan whisker hingga rata dan tidak bergerindil.
3. Panaskan cetakan kue lumpur dengan menggunakan api sedang, tuang adonan ke setiap lobang sampai penuh. Kecilkan api, tunggu hingga berkulit, lalu segera sendokkan keluar adonan yang masih cair ditengah sehingga membentuk mangkuk.
4. Biarkan matang merata, angkat dan lakukan begitu terus sampai adonan kulit habis.
5. Untuk vlanya, masak semua bahan vla, aduk terus hingga mengkilap, licin dan meletup-letup. Hangat-hangat tuangkan kedalam mangkuk dadar. Taburi dengan kismis, Siap disajikan.

Selamat Mencoba ^_^




4 comments:

Sumarti Saelan said...

Menarik mak untuk dicoba, fotonya bikin pengen, cuma yang susah itu mengalahkan rasa malasnya ini :))))

echaimutenan said...

Huaaaaaa lapaarrr

Turis Cantik said...

Duhh bikin laper lihat postingan ini thank u resepnya :)

Dapur Comel Selma said...

Pertama..makasi mak-mak semua udah berkunjung ke blog amatiran saya ini...saya malah baru tahu kalau ada banyak komentar yang belum saya balas.
@mak sumarti yuk mak,,,kalahkan si malas...insyaAllah nggak kecewa deh dengan rasanya
@mak suria dan mak turiscantik yuk bikin mak....