Muffin Pandan Kacang



Bismillah

Pagi ini anak-anak berisik banged, nangis bareng minta dibuatkan kue. Kaget juga, mungkin kelaparan ya, hehehe, abis uminya telat bangunnya karena zauji di makkah, jadi abis subuh malas-malasan eh ketiduran lagi. Astaghfirullah, badan ini kalau diikutkan malas ya begitu terus, padahal nggak baik tidur pagi. Nah karena nggak tega liat tangisan nan lucu para balita, jadi saya langsung mengangkut oven dan mulai asah otak mau baking apa yang ringkas dan mengenyangkan. Jatuh hatilah saya pada resep muffin pandan almond nya di blog mbak yulyan, Kelihatannya enak banged, muffin dengan wangi pandan dan gurihnya almond. Trus ubek dapur ketemu kacang goreng tapi nggak tahu namanya apa, kacangnya asin sih, jadi kacangnya saya rendam dulu supaya garamnya larut. Hehehe benar-benar memanfaatkan bahan yang ada di rumah ya.  



Setelah jadi, anak-anak udah nggak sabaran pengen makan, padahal masih panas banged. Abdullah nangis meraung lagi deh. Duh duh...cukup membuat stres, akhirnya saya ambil satu cup dan lepas cupnya supaya cepat dingin. Anget-anger langsung dilahap abdullah, memang lapar banged sepertinya. Muffinnya ternyata sesuai perkiraan, wangi dan gurih khas muffin yang ada kacangnya. Sedap deh, dan mengenyangkan, satu cup aja udah kenyang banged rasanya, tapi herannya anak-anak makan 2 cup sekali duduk, ckckckc kelaparan banged. Umi jadi merasa bersalah bangun kesiangan, maafkan umi ya nak.



Resep Muffin Pandan Kacang
Sumber: Yulyan Parwati dari buku Aneka Muffin, Sari Masak Femina Prima Rasa

Bahan:

1. 350 gram tepung terigu, ayak
2. 1/2 sdt garam
3. 1 1/2 sdt baking powder
4. 1/4 sdt soda kue
5. 150 gram gula pasir
6. 75 gram kacang,cincang kasar
7. 50 gram margarin, lelehkan
8. 2 butir telur
9. 50 ml air daun pandan suji (saya menggunakan pasta pandan yang dilarutkan dalam 50 ml air)
10. 175 ml santan kental
11. 25 gram kacang cincang untuk taburan



Cara Membuat:

1. Panaskan oven pada suhu 200 C. Siapkan loyang muffin atau cup khusus muffin. Dalam mangkuk besar, campur tepung terigu, garam, baking powder, soda kue, gula pasir dan kacang, aduk rata dan sisihkan.
2. Campur margarin leleh, telur, air pandan, dan santan dalam wadah lain, kocok menggunakan whisker hingga rata.
3. Tuang campuran telur ke dalam mangkuk berisi campuran terigu, aduk menggunakan sendok kayu atau spatula asal tercampur kira-kiar lima adukan.
4. Tuang adonan ke dalam cetakan hingga hampir penuh, taburi atasnya dengan kacang.
5. Panggang selama 25 menit hingga matang, keluarkan dari oven dan dinginkan di rak kawat. Sajikan.

Selamat Mencoba ^_^


No comments: