Apam Ubi Kuning





Bismillah

Kreasi kedua dari ubi yang sempat terlupakan dan tergolek manja di dapur comelku. Sebenarnya resep aslinya cup cake ubi kukusnya teteh ayudia, eh kok pas jadi, rasanya mirip apam? Mungkin karena penggunaan ragi jadi hasilnya mirip apam deh, Ya saya beri nama aja apam ubi, karena bahannya bukan nasi atau tape tapi ubi kuning. Sepertinya bisa menjadi modifikasi apam snow white kemarin, malah rasanya lebih enak, lebih kaya, karena ada ubinya. Lembutnya khas apam, seperti makan spons. Dan alhamdulillah seperti biasa laris manis. Yang paling banyak makan ya anak-anak. Kayaknya kangen berat sama kue buatan uminya. Bertambahlah kebahagiaanku menjadi seorang ibu.





Sedikit curhat, setiap mau nulis blog ini adaaa aja kendalanya. Badan yang nggak fitlah, rahim yang senut, lembek banged rasanya, sampai dede ruqayyah yang nggak bisa diajak kompromi, maunya nempeeeel aja sama maknya macam perangko. Jadi saya terpaksa nyuri-nyuri waktu tiap belajar ataupun menulis blog mungil saya ini. Padahal udah rindu pengen ngetik resep, pengen curcol dan pengen nyapa teman-teman, walau sampai saat ini, sejak blog ini lahir, blog ini selalu sepi, hiks-hiks. Saya maklum sih, selain saya nggak terkenal,bukan jago masak plus foto yang masih teramat sangat amatir. Hmm,,,tapi entah mengapa saya tetap semangat masak, bikin kue, memotretnya dan mengetik postingan di blog tercinta ini. Saya tetap cintaaaaa ngeblogging. Mudah-mudahan keep istiqomah. Masih banyak resep yang ngantri minta di eksekusi. Dan masih banyak rasa penasaran akan belajar dan terus belajar.




Resep Apam Ubi Kuning
Sumber: Ayudia Respatih

Bahan:

1. 2 butir telur
2. 75 gram gula pasir
3. 50 ml santan kental
4. 2 sdt ragi instan
5. 200 gram ubi jalar yang sudah dikukus dan dihaluskan
6. 50 gram tepung terigu 
7. 2 sdm tepung maizena
8. 1/4 sdt garam
9. 1/2 sdt vanili bubuk




Cara Membuat:

1.  Kocok telur dan gula selama 3 menit dengan mixer berkecepatan rendah. Masukkan 25 ml santan dan ragi instan. Aduk rata dan sisihkan.
2. Aduk rata ubi dan sisa santan.
3. Tambahkan kocokan telur. Aduk rata.
4. Masukkan tepung terigu, tepung maizena, garam dan vanili sambil diayak dan diaduk rata.
5. Diamkan selama 15-30 menit.
6. Tuang adonan di loyang atau cup atau cetakan yang dioles margarin. Kukus selama 15-20 menit dalam pengukus yang sudah dipanaskan dan tutupnya dialasi dengan serbet. Sajikan.

Selamat Mencoba ^_^



With Love








No comments: