Hotteok (Korean Pancake with Mung Bean Pasta Filling)





Bismillah

Efek dari nulis review dari restoran korea membuat saya ingin membuat panganan korea sendiri. Yup, membuat sendiri. Zaman sudah canggih. Membuat panganan internasional pun nggak mesti harus berguru ke negara yang dituju. Tinggal surfing di internet dan tinggal dicontek deh, Setelah browsing sana sini, akhirnya saya memilih jajanan korea yang cukup populer yaitu Hotteok. Pancake korea dengan bermacam isian di dalamnya. Saya mencoba isian kacang hijau karena kebetulan zauji tadi pagi membuat bubur kacang hijau untuk sarapan. Hotteok identik dengan teksturnya yang chewi dan lembut, bahkan ketika sudah dingin. Unik deh rasanya. Penasaran? yuk jangan ragu lagi, mari mencoba membuat jajanan korea sendiri.





Resep Hotteok
Sumber: Vivian Pang
Diterjemahkan bebas oleh: Dapur Comel Selma

Bahan:

A:
1. 2 sdt ragi instan
2. 80 ml air hangat
3. 2 sdm gula pasir

B:
1. 180 ml susu hangat
2. 1 3/4 cup tepung terigu
3. 3/4 cup tepung ketan
4. 1/2 sdt garam

Untuk isi: 300 gram pasta kacang hijau
(saya buat dari 300 gram kacang hijau, gula pasir dan tepung maizena dimasak hingga menjadi pasta)

Cara Membuat:

1. Masukkan semua bahan A ke dalam wadah dan diamkan selama 15 menit.
2. Masukka semua bahan B ke dalam wadah bahan A. Uleni hingga rata. Istirahatkan selama 1 jam atau hingga mengembang dua kali lipat.
3. Kempiskan adonan dan bagi menjadi 12 bagian (saya menjadi 8 bagian supaya lebih besar). Pipihkan bulatan adonan. Isi dengan 25 gram (saya 50 gram) pasta kacang hijau, lalu bulatkan kembali. Diamkan selama 15 menit.
4. Pipihkan bulatan hotteok dengan menggunakan tangan atau rolling pin.
5. Panaskan teflon, panggang hotteok hingga kecoklatan di kedua sisi. Sajikan.

Selamat Mencoba ^_^



With Love




No comments: