Martabak Bolu Kentang Tabur Keju





Bismillah

Yippiii...Martabak..udah kangen banged makan martabak manis. Udah serasa seabad rasanya nggak mencicipi jajanan ini. Sekalian nyoba cetakan martabak baru, belum pernah dipakai. Betah ngedon di dalam kardus. Cetakannya pakai cetakan martabak mini. Pengennya sih pakai cetakan martabak yang gede itu loh, yang berat itu. Pasti lebih asli bentuk martabaknya. Sayang nggak bisa dibawa ke madinah, entar berapa pula kiloannya. 

Nah masih dalam rangka memberdayakan bahan pangan lokal, saya memutar otak deh, dan akhirnya saya memutuskan membuat martabak kentang ini. Bahan kulit martabaknya menggunakan kentang dan hasilnya sesuai perkiraan lembuuut dan yummy, Lebih mirip martabak bolu ketimbang martabak manis. Tanpa toping aja udah enak. Apalagi ditaburin keju gini, tambah sedep maknyus deh, Saya olesi madu dan taburi keju menyesuaikan bahan yang ada di rumah. Silahkan teman-teman variasikan aja topingnya. Lebih beragam tentu lebih enak. 





Selalu ada cerita seru ataupun pahit ketika membuat suatu uji coba makanan baru, seperti yang sekarang ini. Sebenarnya bukan salah resepnya, tapi salahnya saya belum pernah nyoba cetakan ini, masih kenalan dulu. Tak kenal maka tak sayang, mungkin cetakannya mau membully saya dulu ni, setengah adonannya gosyong semua. Hiks. Mungkin karena cetakannya tipis jadi kudu pake api keciiiil sekali. Alhamdulillah masih ada sisa martabak yang bisa diselamatkan. Alhamdulillah 'ala kulli hal.



Resep Martabak Bolu Kentang Tabur Keju
Sumber: Dapur Comel Selma

Bahan:

1. 250 gram kentang, kukus dan haluskan
2. 325 gram tepung terigu
3. 150 gram gula pasir
4. 500 ml air
5. 2 butir telur
6. 1 sdt ragi
7. 1/2 sdt baking powder
8. 1/4 sdt baking soda
9. 1/2 sdt vanili bubuk

Bahan Toping:

1. Madu secukupnya
2. Keju parut secukupnya

Cara Membuat:

1. Campur kentang, tepung terigu, gula pasir, vanili bubuk, ragi dan baking powder. Masukkan telur, kocok rata. Masukkan air sedikit demi sedikit sambil dimixer hingga rata. Diamkan selama 2 jam.
2. Panaskan cetakan martabak dengan menggunakan api sedang. Masukkan baking soda kedalam adonan. Aduk rata. Tuang adonan ke dalam cetakan martabak. Kecilkan api. 
3. Ketika timbul lubang-lubang, taburi gula pasir lalu tutup cetakan. Masak hingga martabak matang.
4. Angkat, oleskan madu lalu tabur keju sesuka hati. Sajikan.


Selamat Mencoba ^_^


With Love



No comments: