Muffin Wortel




Bismillah

Sayuran yang pasti anak-anak suka, ya kalau diolah jadi muffin seperti ini. Walaupun anak saya suka sayur, tapi kalau jadi muffin lebih suka, bisa habis tiga cup muffin sekali duduk. Wah, yang namanya anak-anak suka ngemil ya. Muffin ini mudah dan hemat, hanya menggunakan satu butir telur saja. Luarnya manis garing, bershiny crust, dan tekstur dalamnya lembab beremah, enak deh. Saya cocok dengan resep ini, jazakillahu khairan resep yummynya mbak rina...so healthy...so yummy...kalau mau lebih sehat lagi, tepung terigu bisa disubsitusi dengan tepung non gluten seperti perpaduan tepung beras, tepung tapioka dan tepung maizena atau dengan oatmeal yang dihaluskan. Sudah pasti lebih sehat dan berserat. Kalau takaran gula untuk muffin ini sudah pas menurut saya, tidak terlalu manis tapi enak di lidah.




Out of the topic ni, udara di madinah tak sedingin tahun sebelumnya, padahal sudah memasuki bulan januari, tapi udara masih adem ayem aja. Enak karena nggak perlu pakai ac lagi. Badan pun tak cepat berkeringat. Namun berbeda banged dengan tahun sebelumnya, biasanya bulan januari sudah dingin, sweater dan jaket selalu terpasang, kaos kaki apalagi, karena kaki ini selalu basah dan beku. Sekarang malahan saya pakai baju pendek biasa aja. Udara sejuk saja tidak dingin, Mungkin disebabkan global warming? wallahu 'alam. Ada baiknya sih, karena hari perkiraan lahir dede bayi bulan ini, kasihan juga kalau baru keluar dari rahim langsung terkena udara dingin. Seperti abdullah dulu. Sudah nggak sabar untuk melihat wajah comel si buah hati, Jenis kelaminnya masih belum tahu, penasaran banged. Mudah-mudahan lancar dan sehat sampai persalinannya, aamiin. Doakan ya teman-teman.




Resep Muffin Wortel
Sumber: Dapur Manis Rina

Bahan: 

1. 225 gram tepung terigu
2. 100 gram gula pasir
3. 1/4 sdt garam halus
4. 1 sdt baking powder
5. 1/2 sdt soda kue
6. 1 sdt vanilli bubuk
7. 100 gram wortel, diparut, peras sedikit dan taburi terigu
8. 1 butir telur
9. 125 ml susu cair
10. 50 ml minyak goreng

Cara Membuat:

1. Siapkan loyang muffin, alasi cup kertas, sisihkan. Panaskan oven dengan suhu 200 C.
2. Ayak terigu, garam, baking powder dan soda kue. Masukkan gula pasir, aduk rata.
3. Masukkan wortel, aduk sampai wortel berbalut tepung, menyusul telur dan aduk menggunakan whisker.
4. Campur susu dan minyak goreng, tuangkan ke dalam adonan wortel dan aduk sampai rata.
5. Tuang kedalam cup 3/4 penuh. Panggan selama 10 menit, lalu turunkan suhunya ke 180 C dan lanjutkan memanggang hingga matang kira-kira 10-20 menit.

Selamat Mencoba ^_^

No comments: