Pastel Tutup bertabur Keju





Bismillah


Masih dengan misi memberdayakan pangan lokal di milis NCC, panganan yang akan saya olah kali ini adalah kentang. Kentang menurut sejarahnya merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Tengah. Hasil utama dari tanaman kentang ialah umbi. Tanaman kentang merupakan tanaman yang hidup dan berproduksi di daerah subtropis atau daerah dataran tinggi seperti pegunungan. Hasil olahan tanaman kentang selain sebagai bahan pokok berupa umbi ialah sebagai bahan baku pembuat pati, sebagai salah satu bahan pembuat cat, pembuat glukosa dan lain sebagainya. Penyebaran tanaman kentang di Indonesia meliputi daera-daerah seperti Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Aceh, Sumtera Selatan, Tanah Karo dan lain sebagainya. Menurut Wattimena dalam Suwarno (2008:1) kentang merupakan salah satu pangan utama dunia setelah padi, gandum, dan jagung.

Memang biasanya kentang sering dikonsumsi oleh orang negeri eropa sana. Bahkan kentang menjadi bahan makanan pokok yang harus selalu ada di setiap menu makan suatu negara seperti halnya di negara rusia. Namun, kentang juga merupakan salah satu bahan makanan yang mudah di jumpai di negeri kita. Sehingga kentang dimasukkan dalam kategori bahan pangan lokal yang bisa menjadi subsitusi dari beras atau nasi. 



Menu yang saya sajikan ini adalah menu yang cukup mengenyangkan. Bisa dijadikan sebagai menu utama sarapan ataupun makan siang. Namanya adalah pastel tutup. Membuatnya termasuk mudah. Tinggal cemplung, menumis dan memanggang saja. Rasanya juga tak kalah enak dengan nasi. Makan sepotong dua potong pastel tutup cukup memenuhi kebutuhan makanan di siang hari. Saya menggunakan ayam sebagai bahan isi. Ayam disini bisa diganti ikan berdaging banyak seperti tuna atau tenggiri, bisa diganti daging, sosis, bakso ataupun yang lainnya menyesuaikan bahan yang ada di rumah. Sayurannya pun begitu. Karena di rumah saya hanya ada wortel maka saya hanya menggunakan wortel. Apalagi jika sayurannya lebih banyak seperti sawi, jamur dan kacang-kacangan, pastilah pastel tutup ini lebih sedap rasanya. Resep saya ini termasuk simpel dah sesuai lidah asia. Taburan keju diatasnya juga memperkaya cita rasa pastel tutup ini, membuatnya lebih wangi dan tentunya lebih nikmat. Yuk intip resepnya.




Resep Pastel Tutup bertabur keju
Sumber: Dapur comel selma

Bahan:

1. 500 gram kentang, kukus dan haluskan
2. 1 sdm susu bubuk
3. keju parut secukupnya untuk isi dan taburan
4. 1 buah dada ayam, iris tipis
5. 1 buah wortel iris bulat
6. 1 butir kuning telur untuk lapisan kentang dan 1 butir kuning telur untuk polesan.
7. 5 buah bawang merah, iris
8. 5 siung bawang putih, iris
9. Seledri, iris
10. Garam secukupnya
11. Saos tomat dan kecap manis

Cara Membuat:

1. Campur kentang, susu bubuk, keju parut dan 1 butir kuning telur, Aduk rata dan sisihkan.
2. Tumis irisan bawang merah dan bawang putih hingga wangi. Masukkan ayam dan wortel, tumis hingga matang. Masukkan seledri lalu tuang saos tomat dan kecap manis sesuai selera. Bubuhkan garam. Koreksi rasa. Sisihkan.
3. Tuang setengah adonan kentang tadi kedalam pinggan. Ratakan dan padatkan. Masukkan tumisan ayam dan sayuran. Lalu tutup dengan sisa adonan kentang tadi. Oles dengan kuning telr. Panggan dengan suhu rendah sekitar 100 C selama 1 jam. Sajikan.

Selamat Mencoba ^_^






With Love


No comments: