Sambal Lado Dendeng Basah





Bismillah

Sejak hari sabtu abinya harits pengen dimasakin dendeng balado. Sebelumnya, dagingnya saya olah jadi sup, alhamdulillah laris manis. Masih ada sisa setengah kilo. Zauji jadi mengkhayal makan dendeng deh. Tapi baru hari ini bisa saya buatin karena hari minggu saya ujian akhir sharaf. Alhamdulillah selesai juga pelajaran sharaf saya. Nggak tau deh gimana nilainya, karena waktu ujian sama sekali nggak bisa fokus. Adik ruqayyah berulang kali menangis. Yang mau nyusu lah, yang minta diganti bajunya lah, sampai cuma mau dikelonin aja. Nggak mau sama abinya. Alhamdulillah ala kulli hall, sudah qadarullah, ya diterima aja, yang penting udah usaha.

Sedikit menyenangkan diri makanya hari senin ini saya full masak dan baking. Jadi deh menu siang ini dendeng balado plus pastel tutup. Saya sangka pastel tutupnya nggak laku, eh ternyata zauji terus nyomot lagi dan lagi. Dendeng baladonya kurang maksimal, karena pakai daging yang bukan jenis yang biasa dibuat dendeng. Tapi rasanya udah hampir mirip deh dengan yang dijual-jual. Cuma pedas banged...soalnya zauji yang menakar cabenya, sepertinya dia kelebihan memasukkan cabe. Alhasil dendengnya super hot deh. 

Membuat sambal lado kali ini relatif melelahkan. Ini disebabkan blender saya mengalami kerusakan. Jadi saya terpaksa harus menggiling cabenya. Padahal sebelumnya saya sudah menumbuk dagingnya yang cukup memakan tenaga. Belum lagi penggiling cabe saya terbuat dari kayu, yang kurang cocok untuk menggiling cabe. Jadi diperlukan kesabaran dan ketelatenan yang ekstra untuk menyelesaikan masakan hari ini. Apalagi kalau bukan karena suami tercinta yang sejak dua hari yang lalu ngidam dendeng. Lelah sedikit tak apalah,

Oya, mungkin ada yang penasaran mengapa hari ini back groundnya sama. Alas pink dan backgroud kayu. Alasan pertama karena malas gonta-ganti alas. Yang kedua memang nggak ada yang lain. Papan di rumah nggak ada ataupun alas lipat. Sehingga foto-foto saya selalu monoton ya teman-teman. Kalau ada teman yang berbaik hati mengirim alas foto lipatnya ke saya, saya pasti senang sekali, hehehee. Mau mesan online agak ribet ya karena saya di luar negeri. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini saya menemukan alas foto yang bagus, Aamiin. 




Resep Sambal Lado Dendeng Basah
Sumber Dapur Selma

Bahan:

1. 500 gram daging sapi bagian yang biasa dibuat dendeng
2. 3 siung bawang putih
3. 1 cm jahe
4. 1 sdm ketumbar
5. 1 sdt merica
6. 1 sdt jintan
7. 1 sdt adas manis
8. 5 buah bawang merah
9. 6 buah cabe merah
10. 1 buah tomat

Cara Membuat:

1. Tipiskan dan memarkan daging dengan cara ditumbuk (kalau setelahnya dijemur lebih baik). 
2. Haluskan rempah lalu memarkan bawang putih dan jahe. Balurkan rempah, bawang dan jahe ke daging dendeng. Diamkan selama 5 menit.
3. Rebus daging hingga matang.
4. Haluskan bawang, cabe dan tomat, jangan terlalu halus ya. Tumis bumbu halus hingga matang. Masukkan daging dendeng rebus. Aduk-aduk hingga bumbu sedikit mengering. Sajikan.

Selamat Mencoba ^_^




With Love



No comments: