Apple Pie





Bismillah

Sudah lama penasaran sama rasa pie apel ini, kelihatan menggiurkan dan cantik-cantik bentuknya. Makanan orang bule ya? mereka suka sekali katanya sama pie, ada yang manis atau savory. Semuanya belum pernah saya coba. Akhirnya iseng nyoba juga bikin pie, karena kebetulan ada mentega yang jarang-jarang ada di rumah karena harganya yang mihil. Abaikan penampilannya yang jelek, maklu perdana bikin, masih grogi ditambah ada selingan tangisan dede ruqayyah, kurang konsen deh pas membentuk pie nya. Tapi kalau soal rasa super deh, enak, sebentar aja ludes seloyang. Anak-anak yang paling banyak makan. Abinya suka crust nya aja, isiannya terlalu manis buat dia yang kurang suka manis. Luaran pie nya garing dan dalamnya manis lembut. Apelnya wangi. Ini masih yang standar aja bentuk pie nya, yang ditutup crust dan disayat atasnya. Pengen pakai anyaman atau model lattice yang cantik itu loh. Atau seperti di blog mbak ricke yang crust atasnya dicetak pakai cetakan cookie, unik. Mudah-mudahan next time bisa lebih bagus ya. Resepnya dari mbak ricke, bakulnya kue yang udah terkenal yummy. Saya share ya.




Resep Apple Pie
Sumber: Ricke Indriani

Bahan Crust:

1. 250 gram tepung terigu
2. 2 sdm gula bubuk
3. 175 gram mentega, bekukan dan potong dadu
4. 1/2 sdm garam
5. 5 sdm air es

Bahan Filling:

1. 3 buah apel
2. 1 sdt air jeruk lemon
3. 75 gram gula pasir halus
4. 1-2 sdm gula merah, iris halus
5. 1/2 sdt kayu manis bubuk
6. 1/8 sdt garam
7. 1 sdm tepung maizena atau tepung terigu
8. 25 gram mentega, bekukan dan potong dadu

Olesan:

1. 1 kuning telur, kocok




Cara Membuat:

1. Crust:Campur terigu, gula bubuk dan garam. Aduk rata. Masukkan mentega beku. Proses dengan pisau pastry atau dengan dua buah pisau hingga adonan berbutir-butir. Masukkan air sesendok demi sesendok sambil diuleni dengan sendok kayu hingga kalis.
2. Bagi dua adonan. Bungkus setiap adonan dengan plastik warp lalu simpan dalam kulkas selama 1 jam.
3. Filling: Kupas dan iris apel lalu campur dengan air jeruk. Masukkan gula pasir, gula aren, kayu manis dan garam. Aduk rata. Simpan di kulkas selama 30 menit hingga keluar jusnya.
4. Keluarkan dari lemari es, tabur dengan maiena. Masak diatas api hingga apelnya lembut. Sisihkan.
5. Ambil satu bagian adonan, gilas tipis hingga ketebalan 1/2 cm. Letakkan dalam loyang pie diameter 18 cm. Lekatkan mengikuti bentuk loyang.
6. Masukkan dan tata setengah bagian filling apel di atas adonan, tabur dengan mentega beku. Tata lagi filling apel. Ratakan.
7. Gilas sisa adonan crust. Jadikan sebagai penutup. Bisa ditutup biasa lalu kerat dengan pisau atasnya, membentuk anyaman atau dibentuk dengan cookies cutter. Oles dengan kuning telur.
8. Panggang pada suhu 180 C selama 45 menit hingga kecoklatan dan jusnya mendidih. Angkat dan potong-potong. Sajikan. 

Selamat Mencoba ^_^

With Love
post signature

4 comments:

Rika Oktianti said...

Mba Selma, ngegiling kulit pienya kali ya yang belum rapi, jadi ketika dimasukin ke loyang ga rata (hanya sekedar in my sotoy opinion)

Di madinah mentega mahal kah? Indonesia juga mahal. Hehehe... yang murah cuma margarin.

Dapur Comel Selma said...

betul banged mbak....nggak rapi...hihihi.....nggak konsen mbak, diselingi ma tangisan...next time kalau buat kyknya malem aja nunggu anak2 bobok...insyaAllah

iya mbak,,,mahal pake banget...500 gram 25 real=75.000 rupiah...huhuhuhu bisa tekor.....margarin jg mahal....

makasi udah berkunjung mbak

Rika Oktianti said...

Di Indonesia semisal merek Anchor gitu 200 gram sekitar 35 ribu. Apalagi merek Lurpark. Huhuhu.. sama mahalnya..

Dapur Comel Selma said...

wah-wah ternyata memang mahal ya mbak...apalagi yang wangi menteganya ya...ini kurang wangi yang saya pakai...klo yang lbh enak lebih mahal lagi...
makanya bakulan kue lebih milih pakai margarin atau mentega kiloan ya, hehehe