Ayam Kuluyuk





Bismillah

Udah lama nggak masak ayam, biasanya ikan selalu mendominasi menu harian. Lebih irit kata zauji. Perbandingannya, ayam dengan ikan dengan harga yang sama, ayam untuk 2-3 hari sedangkan ikan bisa 4-5 hari. Yah kita yang tukang masak ya nurut aja sama "bos". Tapi kadang bosan juga masak ikan terus, kangen juga sama ayam bahkan daging, hehehee.  Jadi sekarang lumayan semangat buat variasi menu baru deh. Nyoba masak ayam kuluyuk ini. Resepnya dari mbak yulyan. Lebih segar pakai nenas seperti yang mbak yulyan bikin.

Nah walau semangat masak, tapi blogging blues ni, bawaannya malas aja ngetik di blog. Padahal masakan ini udah dari dua hari yang lalu. Hiks. Hus hus hus hilanglah rasa malas. Kalau nggak langsung ditulis selesai diedit foto pasti deh bawaannya malas. Ada faktor anak juga sih. Tiap mau ngetik pasti deh ruqayyah bangun dan pengen dikelon. Jadi surut lagi niat buat mengupdate blog tersayangku ini #peluk blog sambil mewek. 




Resep Ayam Kuluyuk
Sumber: Cooking with Love

Bahan:

1. 300 gram daging ayam, iris memanjang
2. 4 siung bawang putih, haluskan
3. 1 sdt garam
4. 1 sdt lada bubuk
5. 1 sdm kecap inggris
6. 4 sdm tepung maizena
7. Minyak untuk menggoreng
8. 1 buah bawang bombay, iris kotak
9. 2 siung bawang putih cincang halus
10. 3 buah cabe merah, iris serong
11. 1/4 buah nenas, potong dadu
12. 200 ml air
13. 1 sdt kaldu ayam 
14. 4 sdm saus tomat
15. 1 sdt gula pasir
16. 1 sdt kecap inggris
17. 1 sdm tepung maizena, larutkan dengan air




Cara Membuat:

1. Campur daging ayam, bawang putih, lada, garam dan kecap inggris. Diamkan sebentar. Masukkan ke dalam tepung maizena, aduk rata.
2. Goreng ayam dalam minyak panas sampai kuning kecoklatan. Angkat dan sisihkan.
3. Tumis bawang bombai, bawang putih, cabe merah dan nenas. Masak sebentar. Masukkan ayam goreng, aduk rata. Angkat dan sisihkan.
4. Campur air, kaldu ayam, saos tomat, kecap inggris dan larutan maizena. Aduk sampai mengental dan masak. Angkat. Siram ayam dengan sausnya.

NB: kalau menurut saya mirip rasa Chicken Chili yang pernah dipost sebelumnya


Selamat Mencoba ^_^


With Love





No comments: