Coklat Kacang





Bismillah

Hari ini sibuk banged, akhinya saya bisa posting jam 12 malam. Huhuhuhu. Mata udah ngantuk, tapi baju masih melambai-lambai minta dijemur. Seharian rasanya kerjaan nggak ada habis-habisnya. Beresin rumah, nyuci, nyuci piring, ngurus budak-budak....eh siap diberesin, serak lagi....beresin lagi. Diselingi dengan baking karena udah planning dari kemarin-kemarin ditunda terus. Belum lagi ruqayyah seharian rewel. Mungkin karena habis ditindik dan disunat kemarin, jadinya perasaannya nggak enak seharian. Alhasil bakingnya sambil gendong dan nyusu ruqayyah.




Coklat kacang ini saya buat untuk setoran tantangan bulan februari Masak Bareng Yuuk yaitu "Kreasi Coklat". Resep coklat kacang ini sebenarnya simpel banged, cuma jadi ribet karena di rumah nggak ada kacang tanah kupas. Mau nyari susah, karena yang biasa belanja zauji, jadi kalau untuk mencari bahan baru, beliau suka nggak bisa. Sedangkan kalau saya ikut, bontot di belakang alias tiga bayi mesti ikut. Kebayang kan repotnya. Akhirnya bela-belain ngupas kacang satu demi satu sambil nyusuin dan ngelonin ruqayyah. Pegel banged namun kebayar dengan rasa coklat kacang yang wenak tenan. Laris manis diserobot anak-anak, secara coklat kan memang favorit mereka. Para ibu yang kebingungan cari cemilan buat anaknya, resep ini bisa dicoba. Awas ketagihan nggak berhenti ngunyah coklat kacang ya.




Resep Coklat Kacang
Sumber: Dapur Manis Rina

Bahan :


1. 500 gram kacang tanah kupas
2. 2 butir telur utuh
3. 175 gram gula halus
4. 1/4 sdt garam
5. 1/4 sdt vanili
6. 50 gram coklat bubuk
7. 1 sdm tepung jagung/maizena


Cara membuat :


1. Panaskan oven dengan suhu 180°C. Letakkan kacang di atas loyang dan ratakan jangan sampai bertumpuk-tumpuk. Panggang selama 15 menit. Keluarkan dari loyang dan dinginkan. Setelah dingin tumbuk kasar dan sisihkan.
2. Panaskan kembali oven dengan suhu 160°C. Siapkan loyang kue kering, alasi kertas roti dan olesi margarin. Sisihkan.
3. Dalam mangkok besar kocok telur, gula, garam dan vanili sampai pucat dan mengembang. Masukkan kacang tumbuk, coklat bubuk dan tepung jagung. Aduk rata.
4. Sendokkan adonan ke atas loyang sebanyak 1/2 sdm. Panggang selama 15 menit sampai kelihatan agak kering. Jangan overbake supaya tidak gosong. Angkat dan keluarkan dari oven. Ketika masih panas kue masih lembek dan setelah dingin akan keras dengan sendirinya.

Selamat Mencoba ^_^

resep ini diikutsertakan dalam eent masak bareng yuuk yaitu "kreasi coklat"





With Love



No comments: