Kentang Layer Cheddar




Bismillah

Sesuai saran mbak host pangan lokal, akhirnya saya pun membuat kreasi resep ini. Sarannya supaya saya mencari menu utama dengan berbahan pangan lokal pengganti nasi. Baru "ngeh" ternyata selama ini kreasinya kebanyakan kudapan dan cemilan. Sip deh. Kali ini saya menampilkan resep kentang layer cheddar. Pengennya sih mengolah labu kuning yang masih ada, tapi puree nya udah dibooking untuk dibuat muffin. Jadi kentangnya deh yang diolah. Menu ini mengenyangkan, kami aja makan siang pakai kentang layer udah kenyang banged. Cocok juga buat yang lagi diet nasi. Resepnya dari mbak dedeh, tapi udah saya modifikasi besar-besaran sesuai lidah saya dan keluarga. Rasanya ngeju banged dan ada asam dari jeruknya, segar wangi daunnya. Enak deh, unik rasanya.

Sedikit cerita, masih pegang komitmen sama zauji supaya nggak buat kue untuk anak-anak supaya anak-anak mau makan. Dan alhamdulillah, sejak kue dikurangi, makannya lebih banyak dan lahap. Alhamdulillah,,moga terus aja seperti itu. Tapi rasanya kangen banged ngebaking kue sendiri, hiks-hiks. Sepertinya membaking harus malam pas anak-anak udah tidur deh.



Resep Kentang Layer Cheddar
Sumber: Dedeh Kurnia
Modifikasi: Dapur Comel Selma

Bahan:

1. 3 buah kentang ukuran sedang
2. 100 gram ayam fillet, pipihkan taburi garam dan merica di kedua sisi
3. Keju cheddar parut secukupnya
4, 1 buah bawang bombay, iris
5. 1 sdm air jeruk nipis
6. 2 sdm minyak zaitun
7. 1 tangkai bawang prei atau seledri, iris tipis
8. 1 sdt merica hitam
9. 1 sdm mayones untuk cocolan



Cara Membuat:

1. Panaskan oven.
2. Cuci kentang dan keringkan lalu iris tipis dan kukus setengah matang.
3. Panggang ayam fillet sampai kedua sisinya matang lalu iris tipis.
4. Atur irisan kentang secara berbaris di wadah tahan panas, tabur garam, merica hitam dan daun seledri atau bawang prei. Tabur keju parut.
5. Tata irisan ayam diatas kentang berbumbu. Tabur lagi keju parut.
6. Atur lagi sisa kentang diatas ayam lalu tabur bawang bombay iris. Perciki air jeruk nipis dan minyak zaitun serta tabur daun seledri. Terakhir tabur keju parut.
7. Panggang pada suhu 150 C selama 60-90 menit tergantung seberapa kering yang diinginkan.

Selamat Mencoba ^_^

With Love




post signature

No comments: