Lontong Sayur





Bismillah

Beberapa hari yang lalu tetangga ngirim lontong sayur. Saya lihat kok zauji lahap banged makannya. Eh iya baru ingat, zauji kan suka banged lontong. Jadi demi zauji tercinta, mau buat kejutan bikin lontong buat sarapan. Pas sehari sebelumnya saya bilang ke zauji mau bikin lontong, dia senang sekali. Langsung deh dia semangat beli bahan lontong. Malamnya saya buat lontong, Dan paginya bareng zauji buat kuah dan pelengkapnya. Pengennya sih semua buat sendiri, secara ini kan kejutan, eh ruqayyah nggak bisa diajak kompromi, nangis melulu, yang mau disusuilah sampai cuma mau dikelon aja. Akhirnya jadi kerja sama tim deh.

Lontong sayurnya cuma pakai sayur buncis aja, lebih enak kalau lengkap ada labu siam dan nangka muda, cuma disini mau cari dimana yang begituan. Nah buat pelengkapnya pakai kerupuk udang dan bakwan sayur. Wah serasa sarapan di indonesia kalau begini. Hanya saja lontongnya kurang pedas, soalnya cabenya jenis yang nggak pedas. Cabe rawit pun nggak ada. Memang disini milih cabe untung-untungan, kadang dapat yang pedas, seringnya sih nggak pedas, serasa paprika gitu. Beda dengan di indonesia, rata-rata rasa cabenya seragam. Tapi nggak apa-apa deh, anak-anak jadi bisa makan lontongnya juga, Harits sih senang mencomot lontongnya aja, Hehehe. Alhamdulillah bini'mati tatimmusshalihat.




Resep Lontong Sayur
Sumber: Dapur Comel Selma

Bahan Lontong:

1. 1 1/2 gelas beras
2. Plastik 1/2 kg
3. Air secukupnya untuk merebus

Bahan Kuah:

1. 3 buah bawang merah
2. 5 siung bawang putih
3. 6 buah cabe merah
4. 1 ruas jari kunyit
5. 250 gram buncis
6. 1 L santan sedang
7. 2 lembar daun salam
8. 2 lembar daun jeruk

Cara Membuat:

1. Lontong: isi beras setengah dari plastik. Rebus selama satu jam. Dinginkan.
2. Kuah: Haluskan bawang, cabe dan kunyit. Tumis bumbu halus hingga matang dan wangi. Masukkan buncis. Masak hingga layu.
3. Masukkan santan dan daun-daun. Masak hingga buncis matang dan lembut serta santan mendidih, Sajikan dengan pelengkap.

Selamat Mencoba ^_^


With Love




No comments: