Muffin Labu Kuning




Bismillah

Stok terakhir labu kuning puree akhirnya diolah juga. Yup jadi muffin yang enak ini. Muffin ini beneran enak kok. Salah satu muffin terlezat yang pernah saya makan. Mungkin disebabkan labu kuning sebagai bahan utamanya, membuat muffin ini lebih lembut dan rasanya lebih nikmat. Mungkin juga karena saya sangat menyukai olahan labu kuning. Walaupun namanya muffin, tapi di eropa, muffin ini sebagai pengganti nasi, pengganjal perut ketika lapar deh. Memang benar, dua buah muffin setara kenyangnya dengan sepiring nasi. Muffin biasa dimakan untuk sarapan atau pertolongan pertama ketika lapar. Nah muffin ini berbahan dasar waluh atau labu kuning, tepung terigunya hanya sedikit saja, mau lebih lembut dan enak lagi, komposisi tepung terigunya bisa dikurangi dan menambahkan labu kuningnya. Resep saya ambil dari blog mbak devi, dengan sedikit modifikasi. Tepung terigu bisa dikurangi dan diganti labu kuning seperti yang saya lakukan. Bisa juga diganti tepung oat.

Sepintas tentang foto muffin ini, fotonya saya ambil malam hari. Kenapa kok buat muffin malam-malam. Masih ingat sama komitmen say no to "kue". Nah ceritanya saya udah kepengen banged mam muffin labu kuning, udah drolling deh, akhirnya bikinnya malam-malam sesudah anak-anak tidur. Jadinya fotonya ya begini, tak sebagus biasanya, walau biasanya juga nggak bagus, hehehe. Yang penting resepnya enaaaak recomended deh.



Resep Muffin Labu Kuning
Sumber: Devi Ana
Modifikasi: Dapur Comel Selma

Bahan:

1. 230 gram labu kuning, kukus dan haluskan
2. 50 gram tepung terigu
3. 20 gram tepung maizena
4, 2 butir telur
5. 90 gram gula pasir
6. 50 gram minyak goreng
7. 2 sdm susu bubuk
8. 1 sdt vanili bubuk
9. Choco chip secukupnya

Cara Membuat:

1. Campur labu dengan minyak dan susu, aduk rata dan sisihkan.
2. Kocok telur, masukkan gula dan vanili sedikit demi sedikit hingga mengembang.
3. Masukkan campuran labu, aduk rata menggunakan spatula.
4. Masukkan campuran tepung sambil diayak, aduk rata.
5. Masukkan adonan ke dalam loyang muffin yang sudah dialasi paper cup. Taburi choco chip diatasnya. 
6. Panggang pada suhu 190 C selama 20 menit sampai matang. Angkat dan sajikan.

Selamat Mencoba ^_^

With Love

post signature

2 comments:

Çitra's Home Diary said...

Assalamu'alaikum..
terimakasih sdh share resepnya ya Umm... pas banget aja stok labu puree nih... Salam kenal juga :) jalan-jalan yuk ke blog ku juga... http://myhomediaryinturkey.blogspot.com

Dapur Comel Selma said...

wa'alaykumsalam
alhamdulillah kalau bermanfaat
ok mbak...makasi kunjungannya yaa