Passau Nggela





Bismillah

Masih cinta banged membuat panganan berbahan labu kuning. Karena stok puree labu juga masih ada sih. Dan masih buatan dua hari yang lalu yang late post, maapkeun saya ya pemirsa, hehehe. 

Panganan yang dapat giliran nampil kali ini adalah "Passau Nggela", jajanan khas sulawesi tenggara. Wah jauh juga ni ya. Karena sering membuat kue-kue inilah saya jadi ikut menikmati keindahan ragam makanan seluruh indonesia. Makanan yang belum pernah saya cicipi sebelumnya pun bisa saya rasakan sekarang. Senang sekali karena dengan demikian saya turut serta melestarikan budaya negeri kita tercinta, walaupun saat ini sedang merantau di negeri orang. Malahan menurut saya, selama di negeri orang ini, saya lebih banyak menikmati kue khas indonesia dan belajar membuatnya sendiri. Mungkin karena faktor "rindu kampung" ya?

Ok deh, rencananya mau quick post aja, soalnya masih banyak kerjaan yang nunggu. Resepnya saya dapat dari blog mbak hesti.




Resep Passau Nggela
Sumber: Hesti Kitchen  : Majalah sedap
Modifikasi : Dapur comel selma

Bahan I: 

1. 250 gram labu kuning kupas
2. 2 butir telur
3. 75 gram gula pasir
4. 100 ml santan dari 1/2 butir kelapa
5. 100 gram tepung sagu (aslinya tepung beras)
6. 1/2 sdt vanili bubuk
7. 1/2 sdt garam

Bahan II:

1. 3 sdm tepung terigu
2. 2 sdm gula pasir halus
3. 150 ml santan kental dari 1/2 butir kelapa




Cara Membuat:

1. Bahan I: Kukus labu sampai matang dan empuk. Lumatkan hingga halus.
2. Kocok telur, gula dan vanili hingga setengah mengembang.
3. Masukkan labu, santan, tepung sagu dan garam, Kocok hingga kental. Sisihkan.
4. Bahan II: Campur semua bahan, sisihkan.
5. Tuang setengah bagian adonan I ke dalam loyang kotak 18x18x7 cm.
6. Kukus dengan api sedang selama 10 menit sampai setengah matang.
7. Tuang setengah bagian adonan II ke atasnya. Kukus lagi selama 5 menit.
8. Tuang sisa adonan I, kukus selama 10 menit.
9. Terakhir, tuang sisa adonan II, kukus hingga 20 menit atau sampai matang.
10. Dinginkan, potong dan sajikan.

Selamat Mencoba ^_^





With Love



No comments: