Arsik Ikan




Bismillah

Zauji orang batak tapi lama tinggal di riau. Semenjak menikah saya belum pernah membuat masakan khas batak. Seringnya masakan melayu, minang, sunda dan jawa. Zauji pun memang seleranya selera melayu banged. Tapi hari ini, pengen juga membuat masakan khas suku di sumatra utara ini. 

Arsik adalah hidangan ikan orang batak toba dan mandailing, sumatra utara. Biasanya arsik menggunakan ikan mas. Khasnya masakan ini dengan penggunaan asam cikala dan andaliman (sejenis lada). Rempah umum seperti bawang, jahe, kunyit dan cabe juga digunakan. 

Karena masakan saya ini nggak pakai asam cikala dan andaliman jadi nggak sepenuhnya orisinil arsik ikan ala batak. Tapi sudah mendekatilah. Soalnya mau cari dimana bahan tersebut di madinah ini. Sedangkan di indonesia aja cuma tinggi di dataran tinggi tapanuli utara dan samosir. 

Zauji dilahirkan di tebing tinggi, ayahnya berasal dari suku di daerah sipirok, jadi termasuk daerah utara di sumut yang banyak orang islamnya. Jadi keluarganya sudah islam. Namun merantau tinggal di riau dan bertemu saya deh di pekanbaru, hehee, jadi nostalgia ya. Kami murni dijodohkan orang tua, jadi memang pacarannya sesudah menikah. So sweet ya. :D.

Back to recipe, alhamdulillah zauji suka sama masakanku, enak katanya. Dan begitu saya cicipi juga pas dengan lidah saya. Malahan menurut saya rasanya mirip masakan melayu juga. Berikut saya share resep orisinilnya ya, mana tahu teman-teman menemukan andaliman dan asamnya, jadi lebih sedap lagi tentunya.



Resep Arsik Ikan 
Sumber: Rudang Sembiring

Bahan:

1. 500 gram ikan
2. 17 buah cabe rawit merah
3. 4 buah sereh 
4. 8 butir kemiri
5. 5 siung bawang merah
6. 7 siung bawang putih
7. 2 cm jahe
8. 3 cm kunyit
9. 2 lembar daun jeruk, iris halus
10. 3 cm lengkuas
11. 1 sdm andaliman
12. 2 buah bunga kecombrang
13. 5 buah asam pati kala atau cikala
14. 10 buah bawang batak, iris halus
15. 6 buah kacang panjang, potong-potong



Cara Membuat:

1. Bersihkan ikan dan potong sesuai selera, masukkan dalam wajan.
2. Giling semua bumbu hingga halus.
3. Tuang bumbu halus diatas ikan , masukkan asam yang sudah dimemarkan.
4. Tambahkan irisan bawang batak, bunga kecombrang, potongan kacang panjang dan irisan daun jeruk. Bubuhkan garam dan tambahkan air.
5. Masak hingga matang dan bumbu meresap. Sajikan hangat.

Selamat Mencoba ^_^

With Love




post signature

2 comments:

Unknown said...

Waah ternyata org pekanbaru ya kak,saya jg org pekanbaru dan tggl di pekanbaru jg,senang bs kenalan dgn kak selma...di pekanbaru tggl dmn kak?btw skr menetap di madinah yaaaa...

Dapur Comel Selma said...

iya...saya panggil dek jeani? kelahiran tahun brp? :)
iya di pekanbaru nangka,dek. Iya, sekarang menetap di madinah ikut suami studi disini.
slm kenal ya...