Bingka Pisang Gula Merah



Bismillah

Tak sengaja mataku tertumbuk pada sesisir pisang yang tergeletak dengan manisnya diatas meja dapur. Yippi...senang sekali rasanya. Bisa bereksperimen lagi nih, hehehehe. Pas nyari resep yang mudah, ketemulah resep dari teteh ayu. Resep bingka pisang gula merah. Termasuk aneka kue basah tradisiona yang cukup digemari ya. Biasanya sih bingka pisang tanpa gula merah, tapi modifikasi dari teteh ayu ini enak pakai banged, karena gula merah selalu menambah kenikmatan dari sebuah kue basah tradisional. Lebih wangi dan manisnya juga pas.




Bingka adalah kue yang menjadi ciri khas suku Banjar, Kalimantan Selatan. Rasanya manis, lemak dan lembut, Biasanya bingka dimasak diatas cetakan berbentuk bunga dan dibakar diatas arang. Sehingga wanginya lebih khas lagi. Tapi nggak ada arang, dioven juga oke kok. Ada berbagai macam variasi Bingka. Ada bingka kentang, bingka tape, bingka labu, bingka pandan dan bingka pisang seperti yang saya buat ini. Ada juga bingka yang menjadi favoritnya orang Banjar, yaitu bingka barandam yang unik pembuatannya (sumber wikipedia). Biasanya bingka ini menjadi primadona pada bulan Ramadhan. Kalau di pekanbaru, saya biasanya membeli bingka dekat jalan sutomo. Tiap bulan puasa, ada satu stand khusus menjual aneka bingka dan rasanya enak-enak. Kalau keluarga saya sih nggak seberapa doyan, lebih milih gorengan daripada jajanan manis seperti bingka. Cuma umi dan saya yang cukup menggemari kue basah ini. Jadi membuat ini serasa bernostalgia kenangan berbulan puasa di indonesia. Maklum, tahun ini kami tidak dapat pulang ke indonesia dan berpuasa di Madinah, insya Allah. 

Pas selesai membuat bingka ini, kebetulan seorang teman berkunjung melihat de ruqayyah. Sekalian saja saya sajikan bingka pisang kepada dia. Alhamdulillah dia suka. Bersyukur sekali kedatangannya bertepatan dengan selesainya membuat kue ini. Soalnya memang di rumah kebetulan tidak ada yang mau disajikan. Berikut resepnya ya. 




Resep Bingka Pisang Gula Merah
Sumber: Momylicious

Bahan:

1. 350 gram pisang ambon, haluskan dengan garpu
2. 2 sdm margarin
3. 150 gram gula merah, sisir halus
4. 25 gram gula palem
5. 125 gram tepung terigu
6. 1/4 sdt garam
7. 130 ml santan kental
8. 2 butir telur
9. Wijen untuk taburan

Cara Membuat:

1. Masukkan setengah bagian pisang ambon ke dalam blender. Tambahkan telur, margarin, terigu, gula dan garam. 
2. Nyalakan blender, proses hingga halus.
3. Campurkan sisa pisang dan santan. Aduk rata.
4. Siapkan loyang, oles dengan minyak, panaskan dalam oven sebentar.
5. Keluarkan loyang dari oven, tuang adonan, taburi dengan wijen lalu panggang di suhu 160 C selama 40 menit atau hingga matang. Tunggu sampai agak dingin baru keluarkan dari loyang.
6. Potong dan sajikan.

Selamat Mencoba ^_^


With Love


post signature


No comments: