Apple Butter Cake





Bismillah

Masih gatal tangan tiap melihat apel yang merah ranum di kulkas. Hari ini coba dibuat butter cake apel. Perdana membuat butter cake. Paling sering sih membuat sponge cake atau chiffon cake, soalnya zauji memang sukanya bolu yang ringan. Kalau saya sih, suka-suka aja cake asalkan nggak pakai cream. Suka eneg duluan melihatnya. Walaupun dihias seindah apapun tetap deh nggak selera melihat creamnya. Kalau polos-polosan gini nih baru suka. Apalagi ada cita rasa khasnya, seperti pisang atau apel. Jadi bukan tok dari tepung dan telur.

Teman-teman masih adakah yang bingung beda butter cake, sponge cake dan chiffon cake? Paling jelas perbedaannya pada proses pembuatannya. Chiffon cake memiliki komposisi telur yang jauh lebih banyak dibandingkan terigu. Teksturnya tinggi mengembang didapatkan dari pengocokan putih telur hingga berbusa dan kaku. Loyangnya pun khusus loyang chiffon yang ada bolong ditengahnya itu loh. Sponge cake atau foam cake, hampir mirip juga dengan chiffon cake tapi nggak semengembang chiffon ya. Biasanya nih, sponge cake digunakan sebagai base cake hias. Membuat cponge cake diawali dengan pengocokan telur (putih dan kuning dikocok bersamaan) dan gula pasir hingga adonan menjadi kental dan berjejak seperti pita ketika dituang. Sponge cake berpori-pori persis spons dan beremah. Agar lebih lembab, tambahkan mentega cair ke dalam adonannya. Kalau butter cake, teksturnya halus, padat dan mengenyangkan. Ada gurih-gurihnya juga karena memiliki kandungan mentega yang tinggi, makanya dinamakan "butter" cake. Mentega bisa diganti margarin dan shortening. Pembuatannya diawali dengan pengocokan mentega dan gula hingga pucat dan lembut. Ukuran cake ini nggak setinggi cake sebelumnya, teman-teman. Ini disebabkan tidak mengandalkan pengocokan telur yang membuat cake mengembang tinggi. Namun cake ini kaya rasa dan tidak perlu lagi dioles butter cream. Dan terakhir cotton cake. Serupa tapi tak sama dengan chiffon cake. Cakenya lebih berat dari chiffon cake tapi lebih lembut. DIikarenakan proses pembuatannya yang berbeda dari chiffon cake. Cotton cake dibuat dari adonan yang dimasak dengan putih telur kaku. Contoh cake nya yang lagi booming itu lho, japanese cheese cake atau disingkat JCC.

Oke sudah cukup jelas kan teman-teman? Dulu saya juga sempat bingung dengan jenis-jenis cake ini. Taunya cuma bolu sama brownies. Maklum ya, kita kan orang indonesia bukan orang eropa yang suka makan cake. Kita mah taunya klepon sama getuk, hhihi. Lagian kalau disuruh milih cake atau klepon saya milih klepon deh. Beneran. Enak nggak pakai eneg, murmer lagi, hehehee. Kalau butter cake apel ini saya coba makan pakai yoghurt cream, yang disini disebut "Zabadi", wih ternyata enak juga. Unik jadi rasanya manis-manis asem. Resepnya berikut ya, saya dapat dari blog mbak rina. Terima kasih mbak, resep-resepnya selalu menginspirasi saya.




Resep Apple Butter Cake
Sumber: Rina Audie

Bahan:

1. 200-250 gram apel
2. 60 gram mentega
3. 1/4 sdt vanili
4. 75 gram gula pasir
5. 1 butir telur utuh
6. 75 gram tepung terigu
7. 25 gram tepung maizena
8. 1/2 sdt baking powder
9/ 75 ml susu cair




Cara Membuat:

1. Kupas apel, potong dadu dan rendam dalam air yang telah diberi jeruk nipis, sisihkan.
2. Siapkan loyang bulat diameter 20 cm, alasi kertas roti dan oles mentega. Panaskan oven dengan suhu 180 C.
3. Kocok mentega, gula dan vanili dengan mixer speed tinggi sampai mengembang, pucat dan ringan lebih kurang 5 menit.
4. Masukkan telur sambil dikocok sampai rata.
5. Masukkan campuran tepung terigu, tepung maizena dan baking powder sambil diayak, berselang seling dengan susu cair. Kocok dengan speed rendah sampai rata. Matikan mixer.
6. Tiriskan apel dan masukkan dalam adonan, aduk balik sampai rata.
7. Dengan menggunakan spatula, tuang ke dalam loyang sedikit demi sedikit dan ratakan.
8. Panggang dalam oven selama 35-40 menit sampai bagian atas kuning kecoklatan dan matang,

Selamat Mencoba ^_^


With Love




post signature

No comments: