Coffee Chiffon Cake



Bismillah

Paling suka sama cake chiffon, cakenya tinggi lembuut banged. Apalagi cake chiffon yang wangi seperti ini, Saya suka banged cake beraroma kopi. Aromanya menggoda. Ketika dipanggang aja, wangi cakenya menyebar kemana-mana. Apalagi ini versi ekonomis, cuma pakai 3 telur saja, siapa sih yang bisa nolak. Udah murmer, lembut lagi, enak pula. Cake favorit deh, ditandai supaya besok-besok bikin lagi. Resep dari mbak rina audie, tapi tanpa pasta moka, mau original kopi, kopinya pun kopi black. Jadi warnanya lebih gelap dari cake mbak rina.



Resep Coffee Chiffon Cake
Sumber: Rina Audie

Bahan:

1. 3 butir putih telur
2. 1/2 sdt garam halus
3. 75 gram gula halus
4. 75 gram tepung terigu
5. 2 sdm gula halus
6. 1/2 sdt soda kue
7. 1/4sdt baking powder
8. 3 butir kuning telur
9. 1 sdm kopi, larutkan dalam 40 ml air panas
10. 50 ml minyak sayur

Cara Membuat:

1. Siapkan loyang chiffon diameter 18 cm. Jangan oles apapun dan biarkan kering. Panaskan oven dengan suhu 160 C
2. Dalam sebuah wadah bersih, kocok putih telur dan garam sampai berbuih, Masukkan gula halus dalam tiga tahap sambil dikocok dengan kecepatan tinggi sampai kaku dan mengkilat. Sisihkan.
3. Dalam wadah lain, campur terigu, gula halus, soda kue dan baking powder. Aduk rata. Masukkan kuning telur. Tuang campuran kopi dan minyak sayur. Kocok menggunakan mixer berkecepatan rendah sampai rata dan licin.
4. Masukkan putih telur kaku ke dalam adonan tepung sedikit demi sedikit dalam tiga tahap, aduk balik menggunakan spatula sampai rata. Aduk sampai benar-benar rata. Tuang ke dalam loyang.
5. Panggang selama 1 jam. Setelah 1 jam, naikkan suhu menjadi 180 C lalu panggang lagi selama 10-15 menit. Jika permukaan kue disentuh dengan ujung jari telah membal, berarti telah matang.
6. Keluarkan cake dari oven dan dibalik disangga dengan kaki loyang chiffon. Biarkan hingga dingin dan kikis atau sisir bagian pinggir dan tengah kue dengan pisau tipis dan tajam. Keluarkan dari loyang dan potong-potong. Sajikan.

Selamat Mencoba ^_^


With Love



post signature

No comments: