Fried Cauliflower



Bismillah

Postingan telaaaat!!! 
Rasanya malu banged, bukan sama siapa-siapa tapi sama diri sendiri, nggak bisa komit nulis blog setelah masak. Hmm,,,,ada aja kendalanya.Yang laptop sedang dipakai lah, gangguan anak-anak lah, sampe sekedar malas. Hhuhuhu.

Buat masakan ini mendadak malam-malam, pengen cemal cemil, buka kulkas cuma ada sayuran aja. Eh ingat ada resep ini dari mbak eliza, langsung cap cus bikin. Fried Cauliflower a k a bunga kol goreng ini bisa jadi solusi buat anak yang nggak suka makan sayur. Kan sekilas kelihatan kayak ayam goreng krispi. Ya kan? ya kan? (maksa ni). Beneran kok anak-anak bisa tertipu apalagi yang masih beybi kayak anak-anakku. Harits dan abdullah sampai habis sepiring. Hihihi, nggak nyadar kalau sedang makan sayur. Sebenarnya heran ya, kenapa banyak anak-anak yang nggak suka sama sayur. Inget dulu waktu saya kecil, paling benci sama sayuran apalagi bayam. Palingan mau makan sayur pakis atau kangkung aja. Selebihnya nggak mau. Alhamdulillah nggak terbawa sampai besar. Sekarang udah doyan sayur meskipun pahit dimakan juga. Apalagi dapat suami yang juga suka sayur. Tiap masak, wajib ada sayur. Dan sekarang gantian mendidik anak supaya terbiasa suka sayur sejak kecil.

Memang ya teman-teman, kalau jadi emak-emak itu harus jeli. Kreatif mengolah masakan supaya disukai anak-anak. Misal nggak suka sayur, dibuat seperti ini, atau nugget sayurkah, kue berbahan sayur, mie sayur, jus sayuran sampai cookies sayur. Nah masalahnya kadang waktu itu yang nggak ada. Seharian itu berasa full aja ma kegiatan. Bayangin aja beres-beres rumah bisa sampai lima enam kali sehari. Sebentar diberesin, eh berantakan lagi. Kalau harits sih udah pandai nggak suka berantakin barang, kalau main pun mainannya disusun lagi. Yang heboh itu abdullah, tangannya "gratil" banged, tiap lewat ada aja deh yang diberantakinnya. Padahal saya juga sedang sibuk ngurus adiknya ruqayyah. Kebayang kan rempongnya hari-hari saya. Tapi demi anak, tetap juga dibela-belain masak atau baking supaya lebih terjaga kesehatannya. Betul kan? Memang jadi perempuan itu nggak mudah ya, mesti mengurus rumah, anak, suami, belum lagi kalau kerja ya? Terus mesti juga merawat badan. Namun insyaAllah banyak pahalanya. Udah dijamin kok. Makanya niatkan semua karena Allah. Sip?




Ok deh, back to cemilan malam ini. Si bunga kol goreng ini ternyata enak loh. Nggak nyangka aja digoreng gini juga enak. Wanginya kemana-mana. Saya makannya dicocol saos tomat, endeees. Gurih dan garing. Padahal biasanya saya juga suka banged bunga kol. Dibuat sop yang paling favorit. Tapi ternyata dibeginikan juga unik rasanya. Berikut resepnya dari mbak eliza setiawan.

Resep Fried Cauliflower atau Bunga Kol Goreng
Sumber: Eliza setiawan

Bahan:

1. 1 kuntum bunga kol, potong akarnya, cuci dan keringkan. 
2. 150 gram tepung terigu 
3. 35 gram tepung jagung
4. 15 gram tepung beras
5. 1/2 sdt bawang bubuk
6. 1 sdt garam
7. 3/4 sdt baking powder
8. Minyak untuk menggoreng

Bahan Pelapis:

1. 1 butir telur
2. 50 ml air
3. 1/2 sdt garam
4. Merica bubuk secukupnya

Cara Membuat:

1. Aduk rata tepung, bawang bubuk, garam dan baking powder.
2. Rendam bunga kol dalam cairan pelapis, kemudian balut dengan campuran tepung. Tekan sedikit sehingga tepung menempel di kuntum bunga kol.
3. Goreng dengan minyak banyak dan api sedang hingga coklat keemasan.
4. Sajikan dengan saos.

Selamat Mencoba

With Love


post signature

2 comments:

Rina Audie said...

assalamualaykum mb selma
ternyata punya 2 blog ya ?sempat bingung ketika ada 2 blog yang sama, tapi satunya wordpress dan yang ini blogspot hihi...barusan nyobain komen di wordpress tapi nggak bisa tuh, kenapa ya ?
Itu kembang kolnya enak ya digoreng ? belum pernah nyobain deh menggoreng kembang kol seperti itu.

Dapur Comel Selma said...

wa'alaykumsalam mbak rina....
iya ni...wordpress blog lama...udah nggak dipakai lagi, hehehe. Semuanya udah dipindah kesini.
Enak mbak, saya juga baru tahu ternyata enak juga dibeginikan...krispi...:D