Martabak Mini Sosis Keju




Bismillah

Rasanya senang sekali akhirnya bisa menaklukkan martabak manis. Sebelumnya selalu terkendala sama mudahnya adonan gosong atau kulit luarnya yang nggak cantik dan agak keras. Tidak lembut seperti martabak yang dijual-jual. Alhamdulillah tanpa sengaja menemukan triknya di grup masak di fb. Wah rasanya senang sekali. Terima kasih kepada admin DSI yang sudah berbagi infonya. Sekarang martabakku kulit luarnya lembuuut cantik. Dalamnya malah lebih lembut dari yang dijual-jual. Sedikit dimodifikasi pakai toping yang savory, pakai sosis dan keju, Ternyata sedapnya nonjok. Enak sekali. Percaya deh, rupanya martabak begini cocok juga dikasi toping yang asin-asin. Percobaan ini sengaja yang mini dulu, supaya kalau gagal nggak kecewa. Kalau sekali besar, pas gagal bisa-bisa masuk tong sampah semuanya. Ide pakai toping sosis keju ini dari mbak vivi, resepnya juga. 

Nah, penasaran sama tipsnya? ternyata mudah banged, dan kita nggak perlu "jaga api" supaya nggak gosong. Caranya, setelah cetakan benar-benar panas (pakai api sedang ya), kecilkan api lalu tuang adonan. Kemudian lalu setelah timbul banyak gelembung, tutup cetakan dan matikan api. Beberapa saat kemudian, buka deh. Permukaan martabak akan matang, dalamnya lembut berserat. Luarnya pun cantik lembut. Yuk silahkan comot martabaknya, mumpung yang masak lagi senang :D



Resep Martabak Mini Sosis Keju
Sumber: Jajane Vivi

Bahan:

1. 250 gram tepung terigu
2. 50 gram gula
3. 2 butir telur
4. 1/2 sdt ragi instan
5. 1/4 sdt baking powder 
6. 1/4 sdt garam
7. 300 ml susu cair
8. 50 gram margarin, cairkan



Cara Membuat:

1. Ayak tepung terigu dan baking powder. Tambahkan ragi dan gula, aduk rata. Masukkan telur dan garam, aduk lagi hingga rata.
2. Tuang susu cair sedikit demi sedikit sambil dikocok dengan mixer kecepatan sedang hingga lembut dan licin. Masukkan margarin cair, aduk rata. Diamkan selama 30 menit.
3. Panaskan cetakan, tuang satu sendok sayur adonan kemudian tekan dengan sendok sayur hingga membentuk pinggiran. Biarkan adonan hingga bergelembung yang banyak. Tutup cetakan dan matikan api.
4. Angkat martabak yang sudah matang, kemudian selagi panas, oles dengan margarin.



Resep Toping sosis
Sumber: Jajane Vivi

Bahan: 

1. 4 buah sosis, potong bulat
2. 1/2 buah bawang bombay, cincang halus
3. 1 siung bawang putih, cincang halus
4. 1 buah tomat, buang biji dan potong kotak kecil
5. 1/2 sdt merica bubuk
6. 2 sdm saos tomat
7. 200 ml air
8. Garam dan gula secukupnya
9. 1 sdm margarin untuk menumis

Cara Membuat:

1. Panaskan margarin. Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum.
2. Tambahkan tomat dan saos tomat, aduk rata. Masukkan sosis dan merica bubuk, aduk-aduk.
3. Tuang air kemudian bubuhkan garam dan gula. Biarkan mendidih.

Selamat Mencoba ^_^

With Love




post signature

No comments: