Perkedel Kentang




Bismillah

Kangen makan perkedel kentang, udah beberapa tahun nggak masak perkedel kentang. Hampir aja lupa rasanya gimana. Seingat saya terakhir kali masak perkedel kentang pas abdullah bayi, dah lama banged ya. Sekarang aja abdullah udah dua tahun.

Nyoba pakai resepnya mbak citra ternyata enak juga...biasanya tiap masak perkedel selalu dikukus atau direbus dulu kentangnya. Kalau mbak citra digoreng, malah lebih cepat ya. Tapi berhubung saya kurang suka perkedel yang banyak minyak saya pakai teflon masaknya. Kentangnya jadi lebih padat deh. Menu makan siang kami hari ini arsik ikan semalam dan perkedel kentang, alhamdulillah nikmatnya. Berikut resepnya mbak citra, saya terjemah bebas aja karena resepnya berbahasa inggris.




Resep Perkedel Kentang
Sumber: Citra Kalee
Modifikasi: Dapur Comel Selma

Bahan:

1. 600 gram kentang, kupas dan potong kecil-kecil
2. 4 siung bawang putih, iris tipis
3. 5 buah bawang merah,iris tipis
4. 1/4 sdt merica
5. 1 sdm ketumbar
6. 1 1/4 sdt garam
7. 2-3 batang daun seledri
8. 2 butir telur ukuran sedang, pisahkan kuning dan putihnya
9. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng




Cara Membuat:

1. Panaskan minyak. Goreng kentang hingga matang. Kemudian haluskan. Sisihkan.
2. Tumis bawang hingga wangi dan layu. Tiriskan. Haluskan bersama merica, ketumbar dan garam.
3, Aduk bumbu dengan kemtang halus. Tambahkan kuning telur kocok dan daun seledri. Cek rasa.
4. Ambil 1 sdm adonan, bentuk bulat pipih. Lakukan hingga adonan habis.
5. Panaskan minyak goreng. Celupkan perkedel kedalam kocokan putih telur lalu goreng hingga coklat keemasan. Jangan terlalu sering dibalikkan, cukup sekali saja sampai setiap sisi kecoklatan. Tiriskan.
6. Sajikan sebagai menu pendamping ataupun cemilan bersama saos sambal.

Selamat Mencoba ^_^





With Love




post signature

2 comments:

Çitra's Home Diary said...

trima kasih sudah mampir dan coba resep di blog saya ya Umm... perkedelnya ditambah ketumbar enak ya? saya belum pernah bikin pake bumbu ketumbar soalnya :)

Dapur Comel Selma said...

Iya mbak...jadi wangi...saya memang suka pakai ketumbar buat gorengan spt bakwan dll...makasi resepnya ya mbak