Sosis Solo





Bismillah

Sosis solo ini bukan sosis yang berasal dari solo ya..hehee. Lebih tepatnya jajanan khas solo. Bentuknya mirip risoles tanpa tepung panir atau risol bihun tapi lebih lembut kulitnya. Isiannya juga lumayan bergengsi, ayam atau daging, wih makanan mahal deh. Kalau risol kan isinya kentang sama sayuran, ada juga sih yang isi ragout ayam dan udang, ya disesuaikan juga harganya. Mau murmer lagi ya risol bihun atau risol kampung. Jadi sosis solo ituadalah risoles tanpa tepung panir yang dicelup di kocokan telur baru digoreng. 

Saya membuat sosis solo ini pakai resep dari mbak ricke, resepnya udah sering dipakai para foodieblogger lainnya. Alhamdulillah lembut dan enak. Lumayan buat cemilan sarapan pagi. Karena masih program diet, cuma nyoba sedikit aja, takut keterusan saking enaknya, hehehe. Berikut resepnya ya. Saya hanya buat setengah resep saja jadinya 10 sosis solo.




Resep Sosis Solo
Sumber: Ricke Indriani

Bahan:

1. 300 gram tepung terigu
2. 1 sdt garam
3. 1/4 sdt merica bubuk
4. 1 sdm gula
5. 4 butir telur, kocok lepas
6. 700 ml air
8. 3 sdm marigarin, lelehkan

Bahan Isi:

1. 500 gram daging giling, haluskan (saya ganti sosis giling)
2. 5 butir bawang merah, iris halus
3. 3 siung bawang putih, cincang halus
4. 1 batang daun bawang, iris halus
5, 1 1/2 sdt garam
6. 1 sdt gula 
7. 1/4 sdt merica bubuk
8. 1/4 sdt ketumbar bubuk
9. 100 ml air
10. 2 sdm minyak goreng untuk menumis

Pelapis:

1. 1-2 butir telur, kocok lepas




Cara Membuat:

1. Buat isinya: Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum. Masukkan daging giling, aduk hingga berubah warna. Tuang air. Masukkan garam, gula, merica dan ketumbar bubuk. Aduk rata. Masukkan daun bawang. Masak sebentar. Cek rasa. Matikan api dan dinginkan.
2. Buat Kulit: Campur terigu, garam, merica bubuk dan gula. Aduk rata. Masukkan telur dan tuang air sedikit demi sedikit sambil diaduk rata dengan hand whisk sampai halus. Saring agar tidak ada gerindil Masukkan margarin leleh. Aduk rata.
3. Panaskan wajan datar anti lengket, oles seikit dengan margarin. Tuang 1 sendok sayur, ratakan adonan dengan memutar-mutar wajan. Dadar hinnga matang dan lakukan sampai adonan habis.
4. Ambil selembar kulit, beri isi daging. Lipat dan gulung. Lakukan hingga habis.
5. Panaskan minyak untuk menggoreng, celupkan sosis solo ke kocokan telur, goreng hingga kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Sajikan dengan cabe rawit atau saus sambal.

Selamat Mencoba ^_^


With Love



post signature

No comments: