Steamed Cheezy Rainbow Cake in Jar (Fruit Flavour)





Bismillah

Gara-gara penasaran sama challenge nya YKMK, akhirnya buat juga ni si cantik rainbow cake. Udah beberapa kali si buat rainbow cake, cuma belum pernah buat yang di jar seperti ini. Kata mbak nina, sensasinya beda sama cake yang dipotong, Sensasi menyendok cake di dalam jar dan membersihkan sisa cream di tepian jar. Hmm,,, delicious.





Cake in jar artinya cake yang dikemas dalam toples atau jar kecil. Inovasinya dimulai sekitar tahun 2011 dan masih "trend" hingga sekarang. Disajikan dalam jar mungil ini, membuat cake menjadi kelihatan lebih menarik. Selain itu, kita tidak perlu repot memotong cake, cake bisa langsung dinikmati dari jar kemasannya. As simple as you are pecinta segala yang mudah non ribet.

Ada dua cara membuat cake in jar. Pertama dengan memanggang atau mengukus cake pada loyang terlebih dahulu lalu dipotong sesuai bentuk jar. Kemudian disusun bersama lapisan cream, coklat leleh, selai dan teman-temannya. Atau bisa juga dengan menuangkan adonan kue ke dalam jar anti panas lalu dipanggang atau dikukus. Cake yang digunakan bisa sponge cake, chiffon cake dan sebagainya. 

Untuk jarnya biasanya menggunakan toples mungil, mason jar, gelas bahkan cup mika. Kalau saya menggunaka botol bekas selai. Sengaja tiap beli selai, botolnya nggak dibuang tapi disimpan buat bikin puding atau cake in jar seperti ini. 

Karena temanya rainbow, otomatis cake yang di dalam jar ini adalah rainbow cake. Warna-warni deh, mejikuhibiniu persis pelangi minus warna nila. Ini aja udah pas-pasan, nggak nyangka hasil cakenya tinggi-tinggi. Mungkin karena pemakaian telur yang cukup banyak ya. Pengen sedikit beda, saya dan keluarga yang notabenenya nggak suka cream, melihatnya aja udah eneg duluan, akhirnya pindah haluan ke cream cheese, dengan tambahan keju parut. Lumayan cakenya jadi enak deh. Apalagi dikombinasikan dengan rasa buah dari cake nya, cocok. Tapi tetap aja cinta gorengan dan kue basah ketimbang cake berkrim seperti ini. Makanya pakai krimnya dikit-dikit aja. Nggak mau banyak-banyak. Cakenya saya kukus karena saya suka tekstur yang moist dan lembab untuk cake berkrim. Karena kukusan saya hanya muat 2 loyang, jadi loyang selanjutnya mesti antri. Sedikit tips supaya adonan telur tidak turun dan mengakibatkan kue bantat karena mengantri adalah memasukkan warna sesaat sebelum dikukus. Jadi adonan tetap dalam wadah besar lalu ditutup sehingga adonan telur tidak turun. Oya karena tidak ada warna jingga dan ungu (adanya esens grape yang warnanya nggak kelihatan di cake), jadi warna jingga saya campur dari warna merah dan kuning. Dan warna ungu didapat dari campuran warna merah dan biru. Asyik sekali rasanya ketika mencampur warna ini. 




Resep Steamed Cheezy Rainbow Cake in Jar
Sumber: Ani  Lizzarni
Modifikasi: Dapur Comel Selma

Bahan:

1. 8 butir telur
2. 350 gram gula pasir
3. 280 gram tepung terigu
4. 1/2 sdm vanila 
5. 300 ml minyak sayur
6. Pewarna dan essence:
-Pewarna merah cabe--essence strawberry
-Pasta Mangga
-Pasta Pandan
-Pewarna biru
-Essence anggur

Bahan lapisan dan toping:

1. 100 gram cream cheese
2. 100 gram cream spread
3. 4 sdm gula bubuk
5. 180 gram keju parut




Cara Membuat:

1. Timbang wadah adonan. Siapkan loyang ukuran 22x7 cm. Oles dengan margarin, beri kertas roti dan oles kembali dengan margarin. Panaskan kukusan.
2. Kocok telur dan gula pasir hingga mengembang, putih dan kental kedalam wadah yang sudah ditimbang tadi.
3. Masukkan tepung dan vanilla yang sudah diayak lalu aduk rata.
4. Secara perlahan tuang minyak ke dalam adonan sedikit demi sedikit. Aduk balik menggunakan spatula hingga rata dan tidak ada minyak yang mengendap di dasar wadah.
5. Timbang lagi wadah beserta adonan lalu kurangi dengan berat wadah. Bagi adonan menjadi enam bagian. Beri warna pada setiap bagian.
6. Kukus masing-masing warna selama 15 menit menggunakan api kecil. Jangan lupa mengalasi tutup kukusan dengan serbet atau lap bersih supaya cake tidak bergelombang.
7. Setelah matang, angkat cake dari loyang, diamkan di rak kawat selama 10 menit.

Penyajian:

1. Cetak cake sesuai bentuk jar. 
2, Susun menurut urutan warna pelangi dimulai dari ungu dibawah.
3. Lapis setiap lapisan denan campuran bahan lapisan yaitu campuran cream cheese, cream spread, gula bubuk dan keju parut.
4. Beri toping keju parut dan meses warna-warni.
5. Simpan di kulkas hingga set. Siap disajikan.

Selamat Mencoba ^_^


With Love





post signature




2 comments:

Rika Oktianti said...

Rajinnya Mba Selma...
Saya belum bikin. Huhuhu...

Dapur Comel Selma said...

penasaran mbak...kebetulan juga pas dede lagi bobok...jadi luamayan bisa konsen....
yuk mbak...ditunggu kreasi cantiknya ^_^