Apam Selong Original dan Mini Apam Selong Pandan




Bismillah

Ternyata apam selong ini enak loh teman-teman. Lebih enak dari saudaranya si kue ape. Dulu pernah nyoba bikin kue ape. Kue ape dan apam selong ini kembar tapi beda. Kalau kue ape lebih tipis dan pinggirannya garing. Sedangkan apam selong mirip serabi yang ada pinggirannya, dan pinggirannya juga lembut. Saya juga buat versi yang pandan mini pakai cetakan kue lumpur. Yang mini ini enak, dua kali hap langsung habis. Anak-anak juga suka yang mini. Buatnya nggak susah kok, cuma perlu sabar aja mengkeplok adonanya, kalau saya pakai whisk selama 15 menit. Lumayan pegal, tapi hasilnya cantik, menul-menul. Kalau digigit tampaklah sarangnya.



Resep Apam Selong
Sumber: Ariesta Mikdar

Bahan Biang:

1. 1/2 sdm ragi instan
2. 1 sdm tepung terigu
3. 1 sdm gula pasir
4. 200 ml air kelapa

Bahan Adonan Apem:

1. 250 gram tepung beras
2. 175 gram gula pasir
3. 350 ml santan kental
4. 2 lembar daun pandan
5. 1 butir telur (agar apem lebih terasa lembut)
6. 1/4 sdt garam



Cara Membuat:

1. Diamkan adonan biang hingga berbuih. Rebus santan kental dengan daun pandan, didihkan dengan mengaduk-aduk jangan sampai santan pecah. Biarkan menjadi hangat.
2. Siapkan wadah atau mangkok besar, masukkan tepung beras, gula pasir, garam halus, dan telur kocok, tuangkan santan kental yang sudah hangat sedikit demi sedikit sambil adonan diuleni hingga gula larut.
3. Masukkan adonan biang yang sudah berbuih, uleni lagi dengan tangan hingga adonan halus dan licin. Menguleninya harus agak lama kurang lebih 15 menit, sambil adonan dikeplok-keplok, diangkat/ditarik dan diturunkan dengan tangan (saya kocok pakai whisk). Kemudian istirahatkan adonan selama kurang lebih 1 jam.
4. Siapkan wajan kecil dan cekung untuk memanggang, panaskan dulu sebelum dibuat memanggang dengan api yang kecil saja. Lalu tuangkan sesendok sayur adonan diatas wajan, tekan sendok sayurnya sambil sendok sayur diputar hingga membentuk pinggiran yang tipis dan bulat. Putar beberapa kali (bisa 3 kali memutar) agar terbentuk pinggiran kue ape yang rata dan agak tebal sehingga tidak mudah gosong. Tutup wajannya, tunggu sekitar 4 menit...buka tutupnya, bila sudah matang segera angkat. Yang pandan saya pakai cetakan kue lumpur. Jadi buat versi mininya.

Selamat Mencoba ^_^




With Love





post signature

No comments: