Bola-bola Ubi isi Unti




Bismillah

Kemarin pas jalan ma zauji ke hyperpanda, memang sengaja beli ubi, buat kue-kue. Zauji udah request bikin gorengan ubi. Tapi baru bisa terlaksana. Hanya saja, bosan dengan resep gorengan ubi yang biasa akhirnya nyoba bikin variasi baru, dibentuk bola dan diisi unti atau kelapa parut gula merah resep dari mbak rina. Alhamdulillah puas dengan rasanya. Sekilas mirip onde-onde mungil ya. Kue ini lembuut dan begitu digigit ada unti yang manis di dalamnya. Ubinya sendiri juga sudah manis. Sengaja nggak pakai gula pada adonan ubinya. Susu kental manisnya pun saya ganti susu cair biasa. Lebih alami manis ubinya dapat. Saya jadi ketagihan membuat jajanan tradisional. Rasanya nggak ada bosannya makan kue khas indonesia, nggak eneg. Mungkin lidah saya memang cocoknya dengan makanan negara sendiri ya.



Sedikit cerita, kemarin malam saya mengunjungi makhrojan budaya internasional yang diadakan untuk mahasiswa di madinah. Jadi para "thullab" yang terdiri dari berbagai bangsa menampilkan keanekaragaman budaya masing-masing negara secara lengkap hingga ke makanannya sekalipun. Para pengunjung diizinkan mencicipi kudapan khas negara yang disajikan. Walaupun begitu ternyata tetaplah kue khas indonesialah yang cocok di lidah saya ini. Sudah coba kue negara lain, tapi indonesia is the best lah buat makanannya, hihii. Sayang stand indonesia terlalu kecil dan kurang menampilkan kebudayaan secara seutuhnya sehingga indonesia tidak menjadi juara. Tapi kunjungan kemarin serasa mengelilingi dunia, cukup menyenangkan juga. Sayang ketika saya berkunjung, banyak stand yang sudah tutup karena memang saya berkunjung pada hari penghabisan. Sehingga tidak ada yang bisa difoto.

Kembali ke resep bola ubi ya, ini resepnya, terima kasih ke mbak rina dapur manis telah berbagi resepnya yang enak.




Resep Bola-bola Ubi isi Unti
Sumber: Rina Audie

Bahan Unti Kelapa:

1. 1/2 butir kelapa agak muda, kupas kulit ari, parut (saya pakai kelapa parut kemasan)
2. 100 gram gula merah, sisir
3. 1 sdm gula pasir
4. 75 ml air
5. 1 lembar daun pandan (saya tidak pakai) 
6. Sejumput garam halus

Bahan Bola Ubi:

1. 500 gram ubi jalar yang telah dikupas
2. 2 sdm margarin
3. 3 sdm susu kental manis (saya pakai susu cair kental)
4. 2 sdm munjung tepung tapioka
5. Air secukupnya
6. 75 gram wijen putih

Cara Membuat:

1. Dalam sebuah wajan, campur gula merah, gula pasir, air, daun pandan dan garam. Nyalakan api sedang. Setelah mendidih kecilkan api, biarkan gula menjadi larut.
2. Masukkan kelapa parut, aduk rata. Cek rasanya. Aduk rata, masak sampai agak kering, angkat dari api dan dinginkan.
3. Kukus ubi sampai matang, haluskan selagi panas.
4. Campur dengan margarin dan susu kental manis, aduk rata. Masukkan tepung tapioka dan aduk lagi sampai rata. Jika dirasa terlalu kering tambahkan 1-2 sdm air dingin supaya mudah dibentuk.
5. Ambil adonan ubi sebanyak 1/2 - 1 sdm, bentu bulat, tipiskan. Beri isi unti, bulatkan kembali sambil dipadatkan. Celupkan ke dalam air dan gulingkan diatas wijen. Lakukan sampai adonan habis.
6. Panaskan minyak goreng yang cukup banyak dan goreng ubi sampai kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan dan sajikan. 

Selamat Mencoba ^_^




With Love





post signature

No comments: