Kue Akar Kelapa Keju




Bismillah

Ini jajanan yang super jadul banged. Sekarang udah jarang nemu jajanan ini. Kebanyakan sudah dimodifikasi seperti yang saya buat ini dengan variasi rasa keju. Aslinya kue akar kelapa ini kan manis, dibuat yang versi asinnya. Tapi tetap tidak menghilangkan ciri khasnya yang berbentuk panjang berduri-duri. Cetakannya khas khusus untuk kue akar kelapa. Kue ini mirip-mirip churros berduri. Kalau tidak ada cetakan khususnya bisa menggunakan spuit bintang ya teman-teman. Pakai cetakan ini lumayan pegel ya. Beda dengan cetakan mbak ita yang saya pakai resepnya ini, cetakan saya berbentuk tabung kayu dan stainless steel. Pas memutar cetakannya lumayan menggunakan tenaga. Alhasil tangan ini lumayan pegeel. Tapi alhamdulillah puas rasanya karena anak-anak suka. Apalagi versi gurih pakai keju begini. InsyaAllah next time mau coba yang original yang manis. Karena membuatnya mudah, cuma yang nggak tahan capek muter dan nekan cetakannya aja. 

Resep Kue Akar Kelapa Keju
Sumber: Ita Dapur Khayangan

Bahan:

1. 250 gram tepung ketan putih
2. 50 gram tepung tapioka
3. 50 gram keju cheddar parut
4. 1/2 sdt garam
5. 3 butir telur kocok lepas
6. 50 ml air santan kental (bisa pakai santan instan)

Cara Membuat:


1. Campur semua bahan kering, yaitu tepung ketan putih, tepung tapioka, keju parut dan garam dalam wadah/baskom. Aduk semua bahan hingga rata.
2. Tuangkan telur kocok dan air santan ke dalam campuran tepung, aduk dan uleni hingga adonan menjadi kalis. Diamkan atau istirahatkan adonan selama sekitar 15 menit.
3. Siapkan wajan penggorengan yang sudah diberi minyak goreng, lalu panaskan.
4. Masukkan adonan kedalam cetakan, lalu tekan atau putar cetakan diatas wajan hingga adonan keluar jatuh ke dalam minyak goreng yang belum terlalu panas (nyala kompor kecil saja)
5. Kemudian goreng kue akar kelapa dengan nyala api kompor sedang hingga matang kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.


Selamat Mencoba ^_^

With Love





post signature

No comments: