Kue Lumpur (Original, pandan, coklat dan duo)





Bismillah


Hari ini lagi rajin-rajinnya. Abis masak bihun buat sarapan, lanjut bikin risol bihun, gulai ikan dan terakhir kue lumpur ini. Itu semua diselingi sama beres-beres rumah, nyuci dan ngurus anak. Rajin banged ya, hihii, namanya emak-emak. Kayaknya seluruh ibu di dunia itu rajin-rajin. Bukannya rajin sih, tepatnya nggak bisa malas. Karena kalau sebentar aja malas, udah deh rumah berantakan semua dan anak-anak juga terbengkalai. Kecuali ada yang bantuin ya. Walaupun gitu, saya bersyukur punya suami yang ringan tangan membantu kerjaan istri. Cuma akhir-akhir ini zauji memang lagi sibuk. Sama risalahnya dan sebagainya. Jadi nggak enak juga minta bantu beliau. Jadi sebisa mungkin rumah bersih, anak-anak terjaga dan masakan terhidang. Supaya fikiran zauji pun jadi fresh dan maklumat mudah diserap. Hehee yuk teman, yang berprofesi jadi mak rumah tangga, kerjaan kita itu kerjaan mulia loh. Mari menambah pahala sebanyak-banyaknya. Dan bahagiakan hati suami kita. Dimana ketika dia memandang kita, maka sejuklah hatinya.





Untuk varian kue lumpur hari ini, sebenarnya original saja, kue lumpur kentang. Hanya saja saya variasikan pada rasa yaitu dengan pandan dan coklat (dikasi kopi sedikit jadi ada aroma kopinya). Beberapa juga saya bentuk jadi kue lumpur duo. Mau bikin yang duo? Mudah, hanya sediakan plastik piping bag dan semprotkan bersamaan adonan warna yang berbeda ke cetakan. Jadi deh yang dua warna. Resepnya masih setia pakai resep mbak ricke, karena puas dengan hasilnya yang lembut. Saya buat setengah resep saja, ini aja udah banyaaak banged. Kayaknya resep ini untuk bakulan deh karena hasilnya banyak banged, hihiii.





Resep Kue Lumpur

Sumber: Ricke Indriani

Bahan:


1. 250 gram gula pasir

2. 250 gram tepung terigu
3. 500 gram kentang, kukus dan haluskan
4. 200 gram margarin, lelehkan
5. 3 butir kuning telur
6. 2 butir putih telur
7. 500 ml antan
8. 1 sdt vanili
9. 1 sdt garam
10. 100 gram kismis, untuk taburan
11. Pasta pandan dan coklat bubuk

Cara Membuat:


1. Kocok gula dan telur sampai putih dan mengembang (tidak perlu naik). 

2. Masukkan garam dan vanili sambil terus dikocok.
3. Tuang santan, aduk rata. Masukkan kentang halus dan tepung terigu secara bertahap sambil tetap diaduk rata.
4. Terakhir tuang margarin leleh, aduk rata. Bagi adonan menjadi tiga bagian. Satu beri pasta pandan, yang lain coklat (dan sedikit bubuk kopi) dan sisanya biarkan plain. Masukkan sedikit adonan dari masing-masing warna ke dalam piping bag untuk membuat kue lumpur duo.
5. Panaskan cetakan kue lumpur, poles dengan margarin. Tuang adonan 3/4 penuh, tutup dan biarkan setengah matang.
6. Tabur kismis, tutup lagi dan biarkan hingga matang. Angkat.

Selamat Mencoba ^_^



Ini yang duo




With Love



post signature

No comments: