Martabak Manis Kismis


Bismillah


Kali ini martabak manisnya tidak memuaskan seperti sebelumnya. Sarangnya nggak kelihatan!!! Huhuhuhu. Padahal udah lembut dan kulit luarnya juga lembut kayak yang dijual-jual. Tapi nggak tahu sarangnya ngumpet kemana, huhuhu. Sedih sekali. Padahal sudah buat dua macam martabak manis. Menurut hipotesaku (ceile), kesalahannya karena nggak pakai ragi. Masih pemula udah berani nggak pakai ragi ya beginilah hasilnya. Sarangnya jadi sembunyi deh. Namun sedikit mengobati kekecewaan, walaupun didiamkan lama, martabaknya tetap lembuuut teman-teman, nggak keras. Pinggirannya juga tetap garing. Dan makin lama makin enak aja rasanya. Topingnya saya pakai vla dan kismis, sedaaap, jadi mirip yang dijual-jual. Sepertinya next time harus pakai ragi jadi kepuasannya bisa 100% deh.





Resep Martabak Manis Kismis

Sumber: Catatan Nina

Bahan:


1. 250 gram tepung terigu

2. 1 sdt baking powder
3. 75 gram gula pasir
4. 1/4 sdt garam halus
5. 1 kuning telur
6. 350 ml air
7. 1-2 tetes pewarna kuning telur (optional)

Bahan Tambahan per loyang (saya pakai teflon):


1. 1/4 sdt baking powder

2. 1/4 sdt soda kue

Bahan Taburan per loyang:


1. Vla 

2. Kismis kuning

Cara Membuat:


1. Campur dan ayak tepung terigu beserta baking powder. Tambahkan gula pasir, garam halus dan kuning telur. Aduk hingga rata.

2. Beri pewarna ke dalam air kemudian tuang air ke dalam adonan, mixer dengan kecepatan rendah hingga lembut.
3. Diamkan adonan selama 1 jam, Siap digunakan.
4. Panaskan cetakan dengan api kecil hingga benar-benar panas.
5. Sesaat sebelum adonan dituang, masukkan baking powder dan soda kue. Aduk rata. Tuang adonan, biarkan hingga adonan berbusa atau berlubang kecil-kecil. Tabur gula dan tutup hingga matang. Angkat.
6. Oles martabak dengan vla dan tabur kismis. Potong dua bagian sama besar dan tumpuk. Oles kulitnya dengan margarin. Sajikan. 

Selamat Mencoba ^_^



With Love



post signature

No comments: