Orange Petit Four




Bismillah

Entry kedua buat tema orange bulan ini di YKMK yaitu "Petit Four". Lebih tepatnya orange petit four, atau petit four rasa jeruk. Namanya unik ya. Petit four (menurut wikipedia) adalah kue khas perancis. Sejenis appetizer yang dibuat berbentuk mungil. Dalam bahasa perancis sendiri petit four artinya adalah oven kecil. Kue ini termasuk kue tradisional yang sudah ada sejak abad ke 19. Biasanya disajikan sebagai cemilan pada pesta-pesta kebun atau pesta dansa. Dihias sedimikian rupa dengan toping bisa berupa selai, coklat ataupun buttercream. Supaya kelihatan "orange" dan bercita rasa full jeruk, saya tidak memakai toping coklat tapi memodifikasinya dengan vla lembut rasa jeruk dan jeruk segar. Hanya saja warnanya soft dan tidak ngejreng karena saya tidak memakai pewarna, sekedar dari bubuk jeruk saja. Resepnya saya pakai resep mbak ricke (tapi emulsifier dan pastanya saya skip). Untuk vlanya masih setia dengan resep mbak hesti yang hemat. Hasilnya kue yang lembut beraromakan jeruk yang segar. Cek resepnya.




Resep Orange Petit Four
Sumber: Ricke Indriani

Bahan:

1. 4 butir kuning telur
2. 30 gram gula pasir
3. 2 sdm bubuk jeruk, larutkan dengan 2 sdm air

4. 4 butir putih telur
5. 50 gram gula pasir
6. 1/2 sdt garam

7. 60 gram tepung terigu
8. 15 gram tepung maizena
9. 1/2 sdt baking powder
10. 50 gram mentega atau margarin, lelehkan

11. Jeruk potong kecil

Bahan Simple Syrup:

1. 25 gram gula pasir
2. 25 ml air

Bahan Vla Jeruk:

1. 2 sdm bubuk jeruk larutkan dengan 2 sdm air
2. 250 ml santan
3. 25 gram tepung maizena
4. 65 gram gula pasir
5. 1/4 sdt garam




Cara Membuat:

1. Campur semua bahan vla lalu aduk hingga halus. Masak dengan api sedang sambil diaduk hingga meletup-letup. Matikan api. Dinginkan.
2. Masak bahan simple syrup hingga gula larut. Sisihkan. Panaskan oven dengan suhu 180 C.
3. Kocok putih telur dan garam hingga mengembang. Masukkan gula pasir secara bertahap hingga putih telur kaku. 
4. Dalam wadah lain kocok kuning telur, gula dan larutan jeruk hingga putih. Masukkan ke dalam putih telur. Aduk rata.
5. Masukkan campuran tepung dan baking powder yang sudah diayak secara bertahap sambil diaduk perlahan dengan whisk atau spatula. Tuang mentega leleh, aduk balik menggunakan spatula.
6. Masukkan adonan ke dalam loyang tipis beralaskan kertas roti. Hentak-hentakkan loyang supaya udara dalam adonan keluar. Panggang selama 20 menit. 
7. Lepaskan cake dari loyang dan dinginkan di rak kawat. Potong bentuk kotak atau dibentuk dengan cookies cutter (punya saya cookies cutter nya ukuran super mini jadi dipotong kotak. Percik dengan simple syrup, oleskan vla diatasnya dan beri toping jeruk segar. Sajikan.

Selamat Mencoba ^_^







With Love



post signature

No comments: