Pukis Coklat





Bismillah


Ini yang ketiga kalinya saya membuat pukis. Sebelumnya pernah membuat pukis original dan pandan serta pukis labu kuning. Alhamdulillah selalu lembut. Tapi dengan resep mbak diah kali ini, selain pukisnya lembut juga montok dan menul-menul banged. Cantik sekali. Sarang didalamnya juga cantik aduhai. Walau dimakan plain tanpa toping pun enak. Alhamdulillah dengan seringnya mencoba, lambat laun saya bisa juga membuat aneka kue tradisional yang memakai cetakan. Karena membuat jajanan yang dipanggang di cetakan ini memiliki kerumitan tersendiri loh. Bagaimana supaya kulit luarnya cantik nggak gosong tapi dalamnya bersarang dan lembut. Dengan banyak belajar dari pengalamanlah, maka lama-kelamaan kita akan menguasai cara membuat jajanan yang enak. Jadi teman-teman, kalau menemukan kegagalan (seperti martabak kemarin yang sarangnya ngumpet), jangan patah semangat dulu ya, Coba dan coba lagi. Lagipula rata-rata jajanan tradisional itu bahannya murah meriah kok, hemat, nggak menguras kantong. Beda kalau gagal membuat tart dan teman-temannya memang cukup merugikan, heheehe. Namun pelajaran itu memang mahal harganya. Jangan ragu berkorban sedikit untuk menjadi lebih maju lagi, Apalagi memasak merupakan sesuatu yang pokok bagi ibu rumah tangga. Minimal buat konsumsi sendiri saja. Sehingga mengurangi jajan di luar. InsyaAllah buatan sendiri lebih enak dan lebih sehat. Ok, berikut resepnya ya.





Resep Pukis Coklat

Sumber: Diah Didi - Tabloid Saji

Bahan:


1. 1 sdt ragi instan

2. 50 ml air hangat
3. 3 butir telur 
4. 1/4 sdt garam
5. 100 gram gula pasir
6. 200 gram tepung terigu
7. 20 gram coklat bubuk
8. 150 ml susu cair
9. 75 gram coklat masak pekat, lelehkan
10. 15 gram margarin, lelehkan
11. 1/4 sdt vanili bubuk
12. 25 gram meses (saya ganti keju)





Cara Membuat:


1. Larutkan ragi instan dan air hangat. Diamkan hingga 10 menit hingga berbusa.

2. Kocok telur, gula pasir dan garam hingga mengembang.
3. Masukkan tepung terigu dan coklat bubuk sambil diayak dan dikocok perlahan dengan kecepatan rendah bergantian dengan susu cair.
4. Tuang larutan ragi, aduk perlahan. Diamkan selama 30 menit.
5. Panaskan cetakan pukis, oles dengan margarin. Panggang pukis hingga setengah matang, tabur toping. Panggang lagi hingga matang.

Selamat Mencoba ^_^





kalau pukisnya enak gini bisa nggak bosan makan pukis deh :p



With Love



post signature

No comments: