Vegetable Dimsum (Shumai)






Bismillah

Kalau anak susah makan sayur, maknya mesti kreatif dan terampil. Sayur dibuat macem-macem. Dijus, dibuat cemilan, kue sampai dibuat dimsum seperti ini. Ide bikin vegetable dimsum ini dari homework nya kitchen blog yang bertema "Dimsum", unik ya. Sebelumnya paling malas mau buat yang pakai kulit pangsit. Padahal udah beli ampia, tapi nggak pernah dipakai. Nah saatnya melenyapkan si malas, sisingkan lengan baju, dan mulai membuat kulit pangsit sendiri. Hihihi gaya bener ya, pakai buat sendiri segala. Tapi berhubung beli mihil dan pas juga dede lagi adem bobok, nggak ada salahnya deh sedikit rempong di dapur. 

Eh ternyata dan ternyata, buatnya cukup memakan waktu. Dari menjus sayurannya, membuat kulit pangsitnya, sampai membuat isiannya dan terakhir dikukus. Wah lumayan bikin pegal. Hehehe, tapi dibuat menyenangkan. Buatnya bareng anak-anak. Hasilnya dapur berubah "kecak". Semua ditumpah-tumpahin. Piring kotor pun bertumpuk. Nggak papa deh sesekali menyenangkan anak. Anak-anak senang sekali melihat saya menggiling adonan kulit pangsit. Sampai ternganga-nganga melihat alatnya, lucu deh. Selesai buat dimsum, dipotret dulu, dibagi-bagikan ke anak-anak yang menunggu sesi pemotretan baru beres-beres dapur. Alhamdulillah kholas, selesai semua kembali kinclong. Hati pun puas udah pernah nyoba bikin dimsum sendiri. Sisa kulit pangsitnya saya buat sup pangsit. 




Menurut info dari mbak ina sebagai host home work bulan ini, dimsum (dalam dialek Cantonese) atau Dianxin (bahasa Mandarin) secara harfiah berarti sedikit dari hati atau menyentuh hatimu. Kata ini disunting dari frasa yi dian xin yi yang artinya sedikit tanda mata. Kemudian secara umum digunakan sebagai istilah menyebut cemilan ringan. Dimsum sudah dikenal sebagai makanan populer sejak ribuan tahun lalu. Kebiasaan makan dimsum bermula pada periode Jalur Sutra (Asia Tengah ke Cina) dan Dinasti Han (206 SM) hingga Dinasti Yuan (Abad 14 M). Ketika itu para petani, buruh dan pedagang yang berbisnis di sepanjang Jalur Sutra kerap mampir di kedai teg pinggir jalan di sore hari. Dimsum sengaja dibuat kecil supaya mudah disantap dalam satu kali suapan. Bentuknya harus indah agar enak dinikmati bersama teh. Dimsum disajikan dalam wadah bambu agar tetap panas. Dimsum ada yang digoreng ataupun dikukus. Yang termasuk dimsun diantaranya hakau, siomay, mantau, pangsit goreng, pao, bola-bola udang, dll.

Nah yang saya buat ini adalah Shumai, varian dimsum yang paling populer. Supaya sedikit berbeda dibuat dengan kulit yang menggunakan sari sayuran dan isiannya pun ayam serta sayuran, Jadi isiannya berwarna hijau putih (sayang lupa difoto). Karena lagi rajin-rajinnya, saya foto sedikit step membuat kulit pangsitnya. Hanya saja fotonya agak gelap, karena keadaan dapur comel saya yang remang-remang, heheheee. Yuk buat dimsum yuuuk. Dimsum sehat ala dapur comel selma.




Resep Vegetable Wonton Wrappers
Sumber: Ita Dapur Khayangan (dengan modifikasi penambahan sayuran)

Bahan:

1. 500 gram tepung terigu
2. 2 sdm tepung kanji
3. 130 ml air panas
4. 65 ml jus sawi panas
5. 65 ml jus wortel panas
6. 2 sdm minyak goreng
7. 1/2 sdt garam halus

Cara Membuat:


1. Siapkan mangkok/wadah, masukkan tepung terigu+tepung tapioka+garam halus di dalamnya. Lubangi bagian tengah tepung, tuangkan minyak goreng. Bagi menjadi dua dan satu bagian bagi lagi menjadi dua wadah.
2. Siramkan air panas kedalam lubang ditengah2 tepung di wadah 1. Aduk dengan cepat campuran tepung agar bercampur dengan air panas menggunakan sendok kayu hingga menjadi gumpalan adonan. Kemudian uleni adonan agar cukup kalis. Bila dirasa masih kurang air panasnya boleh ditambah sedikit sedikit aja sambil diuleni hingga kalis. Begitupula pada wadah 2 air panas diganti jus sawi dan pada wadah 3 dengan jus wortel.
3. Diamkan adonan agar beristirahat dan lentur selama kurang lebih 15-20 menit.
4. Giling adonan kulit pangsit dengan menggunakan pasta maker/gilingan mie. Tipiskan dari tingkat ketebalan no.1 hingga ketebalan no.5 atau no.6 (saya pakai ketebalan no.5).  Potong kotak 9x9cm atau bulat dengan diameter 10 cm. Taburi lembaran kulit pangsit dengan tepung terigu agar tidak lengket.
5. Kalau tidak ada gilingan mie, bisa menggunakan rolling pin/gilingan manual dari kayu. Caranya dengan membentuk bulatan2 kecil dari adonan (setiap bulatan kira2 seberat 15 gr). Giling dan tipiskan, kemudian cetak bulat dengan diameter 10cm, taburi tepung terigu agar tidak lengket satu sama lain jika ditumpuk. Bisa langsung digunakan atau disimpan dalam chiller.




Resep Vegetable Dimsum (Shumai)
Sumber: Dapur Comel Selma

Bahan:

1. 240 gram udang kupas atau fillet ikan atau ikan teri medan
2. 60 gram fillet ayam
3. 3 siung bawang putih
4. 1 putih telur
5. 50 gram daun sawi
6. 3 sdm tepung tapioka
7. 1 sdm tepung sagu
8. 1 sdt garam
9. 1 sdt ketumbar bubuk
10. 1/2 sdt merica bubuk
11. Wortel parut untuk taburan

Bahan Saus Dimsum:

1. 3 sdm saus sambal
2. 100 ml air panas
3. 1 sdm gula pasir

Cara Membuat:

1. Haluskan dengan blender bahan 1-5. Campur dengan tepung, garam, ketumbar dan merica. Aduk rata.
2. Isi kulit pangsit dengan adonan dimsum. Kemudian tabur atasnya dengan wortel parut. Celupkan kulit ke dalam air supaya kulit menjadi lembut.
3. Kukus dengan api sedang selam 20 menit. Angkat.
4. Campur bahan saus dimsum. Tambahkan saus sambal kalau dirasa kurang kental. Sajikan dimsum bersama saus.

Selamat Mencoba ^_^




With Love



post signature

No comments: