Fruity Cheezy Roll Cake




Bismillah

Ntah kenapa pengen makan cake. Tepatnya bolu gulung. Cuma malas deh kalau pakai resep yang banyak telur, lagi penghematan, hihihi. Jadi coba resep yang pakai putih telur supaya bisa didandanin dikit cakenya. Supaya cakenya bercita rasa, saya modifikasi dengan penambahan buah-buahan (santan pada resep saya ganti jus apel, buah taburnya pakai kismis dan fillingnya selai aprikot) dan taburan keju (bisa diskip kalau ingin pure buah-buahan aja, ini hanya untuk mempermanis penampilan). Enak pakai banged jadinya. Zauji dan anak-anak sampai rebutan. Lagi moto pun nggak konsen karena ditungguin. Padahal udah dikasi setengah bolu buat dimakan, eh udah abis aja. Senang rasanya roll cakenya laris manis. 

Alhamdulillah sekarang tidak kesulitan lagi menggulung bolu gulung. Udah mantap deh. Sejak inspirasi dari mbak elli dan mbak daniar, jadi nggak takut lagi gulung menggulung. Membuat roll cake menjadi bukan sebuah momok lagi seperti sebelumnya. Nah sekarang yang masih keder yaitu bikin macaroons. Padahal udah ngiler liat foto mbak mitry dan mbak citra yang seliweran di fb. Tapi kok ya masih takut juga bikinnya, takut gagal, hehee. Padahal udah sering juga gagal bikin kue. Moga nanti ada keberanian buat nyoba, semangat!!!



Resep Fruity Vanilla Roll Cake
Sumber: Jajane Vivi - Tabloid SAJI/164

Bahan :

1. 80 gram minyak goreng
2. 60 ml jus apel dari 1 buah apel (airnya saja, ampas dibuang)
3. 1 butir telur dikocok lepas
4. 100 gram tepung terigu protein rendah
5. 10 gram tepung maizena
6. 1/4 sdt baking powder
7. 1/4 sdt vanili bubuk
8. 60 gram kuning telur, dikocok lepas
9. 150 gram putih telur
10. 1/4 sdt garam
11. 80 gram gula pasir

Pelengkap :

Selai aprikot secukupnya
Kismis secukupnya
Keju parut secukupnya

Cara membuat :

1. Siapkan loyang ukuran 26x26, oles margarin, alas dengan kertas roti  kemudian oles lagi dengan margarine (bagian sisi tidak aku oles), tabur kismis secara merata diloyang. Sisihkan.
2. Panaskan minyak goreng dan jus apel, biarkan hangat. Kemudian masukkan telur, aduk rata.
3. Ayak tepung terigu, tepung maizena, vanili bubuk dan baking powder. Tuang campuran minyak dan jus apel sedikit demi sedikit ke dalam campuran tepung terigu sambil diaduk perlahan. Tambahkan kuning telur, aduk rata, sisihkan.
4. Kocok putih telur dan garam sampai setengah mengembang kemudian masukkan gula pasir sedikit-sedikit sambil dimikser sampai softpeak.
5. Masukkan putih telur ke adonan terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan.
6. Tuang adonan pelan-pelan diloyang supaya kismis tidak berantakan, oven selama 20 menit dengan suhu 180 derajat Celsius.
7. Setelah matang, letakkan bolgul di atas kertas roti ukuran lebih besar darr lebar loyang (dengan posisi bagian luar ada di atas) kemudian oles bagian luar bolgul dengan selai, gulung dan padatkan. 
8. Dinginkan bolu gulung supaya set. Oles lagi permukaannya dengan selai lalu tabur keju. Sajikan.

Selamat Mencoba ^_^




With Love





post signature

No comments: