Gulai Kambing




Bismillah

Sempat terlupakan nih si daging kambing, Lupa kalau belum diolah. Sebenarnya malas masak daging kambing. Lama supaya dagingnya lembut. Butuh pengorbanan lebih karena nggak ada presto (nenas juga nggak ada). Bela-belain deh berpanas-panas ria di dapur. Sekarang udah mau musim panas. Suhu udah 35-40 C. Udah mulai gerah. Apalagi di dapurku yang comel tanpa ventilasi. Wih macam di sauna. Nggak papalah, daripada daging ini mubadzir kebuang. Harus diolah kan. Ntar kelamaan keburu busuk. Hehehe walau di freezer bisa mengawetkan. Tapi saya berusaha sedapat mungkin nggak mengolah bahan yang terlalu lama di kulkas.

Membuat gulai kambing ini membuat bertambah-tambah saja rasa kangen akan kampung halaman. Sedih sekali tahun ini tidak bisa melihat langsung dan memeluk orang tua di indonesia. Mudah-mudahan tahun depan kami diberikan kelapangan rezki sehingga bisa menikmati masakan umi tercinta di indonesia. Aamiin.

Resep gulai kambing ini pakai resep mbak citra cuma saya tambah lagi rempahnya. Nggak tahan bau prengusnya. Nggak ada daun pepaya yang menghilangkan si bau. Alhasil seluruh rumah bau "mbek". Tapi lumayanlah setelah berjam-jam mengeksekusi masakan ini. Si "mbek" jadi nggak begitu bau lagi. Mungkin saya aja yang sensitif banged ma baunya. Kata tetangga sebelah udah nggak bau kok.

Resep Gulai Kambing
Sumber: Citra's Home Diary

Bahan: 

1. 800 gram daging kambing

2. 1 cup kelapa parut, sangrai, haluskan
3. 2 sdt ketumbar, sangrai
4. 1 1/2 sdt jinten, sangrai
5. 3-4 kapulaga, sangrai
6. 2 kuntum cengkeh, sangrai
7. 1 sdt merica butiran
8. 3/4 sdt kayu manis bubuk
9. 1 tangkai sereh

10. 1 batang kayu manis
11. 4-5 kuntum bunga lawang
12. 2 lembar daun salam
13. 2 cm jahe
14. 1 1/2 sdm gula
15. 2 sdm garam
16. 1/2 cup minyak goreng
17. 500 ml santan
18. Air asam jawa

Bumbu Halus:

1. 5-6 buah cabe merah, rebus
2. 10-13 bawang merah, rebus
3. 8-10 siung bawang putih, rebus
4. 2 cm lengkuas
5. 7 butir kemiri, sangrai
6. 3 cm jahe
7. 3 cm kunyit

Cara Membuat:

1. Rebus daging kambing dalam 1,5 L air dengan 2 lembar daun salam dan 2 cm jahe sampai empuk.
2. Potong daging, buang airnya dan masak lagi dengan 2 L air. Lanjutkan merebus dengan api sedang.
3. Di wajan, panaskan minyak goreng. Tumis bumbu halus, sereh, bunga lawang dan kayu manis hingga matang dan harum. Masukkan dalam panci berisi daging yang direbus tadi. Aduk dengan perlahan, tutup dan masak hingga hampir mendidih.
4. Campur dengan rempah halus (nomor 2-9), garam, gula dan air asam, aduk rata.
5. Tuang santan, lanjutkan memasak selama beberapa menit. Kemudian tambahkan kelapa parut halus sangrai. Aduk rata dan tes rasa. Matikan api setelah mendidih. Sajikan dengan sambal.

Selamat Mencoba ^_^




With Love





post signature

No comments: