Nasi Tomat




Bismillah

Sesekali nyoba bikin nasi ala arab yuk. Dah hampir lima tahun tinggal di madinah, tapi belum pernah bikin. Alasannya karena zauji nggak suka nasi arab. Nggak suka baunya. Padahal dulu waktu masih asrama di kampusnya, tiap hari makan nasi arab. Eh sekarang manja, maunya makanan indonesia melulu. Nasinya pun pakai beras thailand. Padahal karena nggak biasa aja. Menurutku enak kok nasi arab, asal pandai aja mengolahnya. Selain itu sehat karena kandungan gulanya sedikit,lebih banyak serat dan tanpa pemutih. 

Belum berani buat yang payah, buat yang gampang dulu. Nasi tomat. Tapi lauknya tetap ala indonesia ni, pakai teri kacang sama telur dan kerupuk. Indonesia banged ya. Lalapannya aja yang ala arab pakai jarjir. Cuma kebanyakan ni bikinnya. Nggak tau siapa yang ngabisin, karena zauji sedang safar. Saya pun lagi diet. Akhirnya diet gagal lagi deh. Karena hari-hari harus makan nasi. Nggak nyangka jadinya banyak dari 4 gelas. Beras ini mengembang jadi banyak. Eh sebenarnya salah baca resep, harusnya pakai cup rice cooker, eh saya pakai gelas biasa. Jadi banyak lah,.,..hihihi mohon dimaafkan ya.


Resep Nasi Tomat

Bahan:

1. 4 gelas beras butir panjang (1 gelas takar rice cooker)
Khusus beras basmati ini harus direndam dengan air bersih sekitar 15 menit sebelum dimasak
2. 4 gelas air panas
3. 2 gelas susu cair tawar
4. 2 sdm minyak samin/minyak sapi/mentega
5. 1 buah bawang bombay dicincang halus
6. 3 siung bawang putih dicincang halus
7. 3 cm jahe digeprek
8. 1 helai daun pandan
9. 4 buah tomat kupas kulitnya lalu ambil dagingnya, potong dadu kecil
10. 3 sdm saus tomat
11. 2 sdt garam (secukupnya)
12. 2 sdm kismis kuning
13. 3 sdm minyak zaitun

Bahan Rempah Tumis:

1. 1 batang kayu manis
2. 2 kuntum bunga lawang/pekak
3. 5 butir bunga cengkeh
4. 4 butir kapulaga
5. 1/4 sdt jinten butiran

Cara Membuat:

1. Tumis bahan rempah dengan minyak zaitun sampai wangi. Masukkan bawang bombay, bawang putih dan jahe, masak hingga kuning dan harum.
2. Tuangkan susu cair, daun pandan, tomat dan saus tomat, aduk hingga campur dan mendidih. Masukkan beras, garam dan air panas. Aduk-aduk hingga rata dan air mendidih. Jika air sudah menyusut dan diserap oleh beras, maka angkat dan matikan kompor.
3. Kukus nasi didalam kukusan, taburkan kismis diatas nasi. Jangan lupa tutup panci kukusan lapisi serbet bersih. Ini bertujuan agar uap air tidak menetes ke nasi, sehingga nasi tomat tidak basah dan mekar karenanya. 
4. Untuk melengkapi dan menemani nasi tomat, biasanya saya bikin dadar rawis telur, kering tempe teri sama krupuk udang dan lalapan segar.

Selamat Mencoba ^_^


With Love





post signature

No comments: