Panada



Bismillah

Musim panas ni paling enak buat roti. Sebab ragi cepat mengembangnya. Nggak nunggu lama seperti musim dingin kemarin. Jadi mumpung udara sedang menghangat seperti ini ya buat roti yuk. Pemanasan bulan roti, coba buat roti goreng aka panada, kesukaan semua. Kalau gorengan, semua suka deh. Sekarang udara yang paling sejuk aja bisa mencapai 40 C. Hiii, panas ya. Tapi belum puncaknya. Puncaknya pas ramadhan. Pas puasa. Lumayan juga ujiannya ya. Udara yang panas dan waktu siang yang panjang. Tapi nikmatnya lain juga ya, bisa tarawih di masjid Nabawi. Mudah-mudahan bisa diberi kesempatan, minimal buka puasa di masjid Nabawi, aamiin. Resep panadanya pakai resep mbak ariesta, Montok-montok panadanya. Gurih dan lembut. Fermentasinya sukses alhamdulillah. Panada ini roti goreng mirip pastel khas manado. Khasnya pakai isian ikan, tapi karena yang di rumah adanya ayam, ya diganti ayam. Persis seperti resep mbak ita yang pakai ayam juga.



Resep Panada
Sumber: Ariesta Mikdar

Bahan A:

1. 250 gr tepung terigu
2. 1 butir telur dikocok lepas
3. 100 ml air santan hangat
4. 1/2 sdt garam halus

Bahan B (Biang):

1. 1 sdt ragi instan
2. 1 sdm gula pasir
3. 2 sdm air putih hangat

Bahan Isi:

1. 200 gram daging dada ayam rebus dan potong kotak kecil
2. 1 buah kentang potong kubus kecil lalu rebus
3. 1 buah wortel potong kubus kecil lalu rebus
4. 1 tangkai daun bawang iris halus
5. 2 lembar daun seledri iris halus
6. 1 sdt lada halus
7. 1/4 sdt pala bubuk
8. 3 sdm kecap amanis
9. 1 sdm saus tiram
10. 1 sdm kecap asin
11. 1 sdt garam
12. 1 sdt gula pasir

Bumbu Halus:

1. 5 butir bawang merah
2. 3 siung bawang putih
3. 2 cm jahe 

Cara Membuat:

1. Membuat Isi: tumis bumbu halus dengan sedikit minyak goreng, aduk hingga kuning dan harum, masukkan ayam dan bumbu-bumbu lain seperti lada halus, pala bubuk, saus tiram, kecap asin, kecap manis dan garam, aduk hingga tercampur rata. Masukkan wortel dan kentang rebus, aduk lagi, masukkan daun bawang dan daun seledri, taburi gula pasir. Aduk-aduk sampai bumbu meresap dan rasakan sudah pas apa belum rasanya. Jika sudah sesuai lidah dan matang, angkat dinginkan.
2. Membuat Adonan: Campur semua bahan B didalam mangkuk kecil, aduk-aduk hingga rata dan diamkan selama 15 menit sampai berbuih. Jadikan satu bahan A ke dalam mangkok sedang, aduk menjadi satu dengan tangan hingga tercampur rata, masukkan bahan B (biang) uleni dengan tangan hingga halus dan kalis kurang lebih 10 menit.
3. Diamkan dulu adonan kurang lebih 1/2 - 1jam hingga mengembang 2 kali lipat.
4. Kempiskan adonan, lalu bagi adonan dengan menimbang kurang lebih masing-masing 20 gram. Bulatkan lalu pipihkan dengan jari-jari tangan, beri isian ayam secukupnya, lipat menjadi setengah lingkaran, bentuk seperti pastel dengan mencubit-cubit pinggirnya. Diamkan lagi adonan yang sudah diisi biar mengembang lagi selama 15 menit. 
5. Goreng dengan minyak goreng yang agak banyak dengan minyak panas dan api kecil. 

Selamat Mencoba ^_^


With Love




post signature

No comments: