Raisin Roll Bread




Bismillah

Masih meramaikan bulan roti di dapur comel selma. Hari ini buat raisin roll. Buat rotinya dan paonya juga. Suka sekali sama roti kismis ini. Kalau ke toko bakery, selalu roti jenis ini yang masuk dalam keranjang belanjaan. Apalagi pakai sukade juga. Suka banged. Alhamdulillah bisa buat sendiri juga. Next time mau coba yang pakai pashtry supaya gurih kayak yang dijual itu. Yang ini masih kayak roti biasa. Pengen yang gurih kayak croissant.

Resep rotinya pakai resep mbak hesti. Pengen niru pakai selai juga, tapi qadarullah tutup jar selainya nggak bisa dibuka. Keras banged. Zauji yang biasa diminta tolong buat bukain tutup jar sedang safar. Ya sudah, roti selainya ditunda deh. Yang penting primadonanya si raisin roll jadi dibuat. Sampai eneg makan raisin roll saking banyaknya, hihihi. Itulah bedanya buat sendiri sama beli. Kalau buat sendiri puas makan yang kita pengen. Bersusah sedikit saja di awalnya. Nggak papa deh berotot ni tangan buat ngulen rotinya, yang penting puas mam raisin roll. Sekalian supaya harits selera makan roti ini. Sejak tangannya sakit terkilir karena jatuh, dia jadi kurang selera makan. Tapi alhamdulillah sama roti nggak nolak. :)




Resep Raisin Roll Bread
Sumber: Hesti Kitchen

Bahan Water Roux:

1. 50 gram tepung terigu protein tinggi
2. 250 ml air

Bahan Roti:

1. 400 gram tepung terigu protein tinggi
2. 200 gram tepung terigu protein sedang
3. 120 gram gula pasir
4. 2 sdm susu bubuk
5. 1 butir telur dan 1 kuning telur
6. 10 gram ragi instan
7. 200 gram water roux
8. 200 ml air hangat
9. 75 gram margarin
10. 1 sdt garam

Bahan Filling (aduk rata):

1. 1 sdm cream cheese
2. 1 butir telur
3. 1 sdm susu kental manis
4. 1 sdm gula pasir
5. 1 sdm tepung terigu

Cara Membuat:

1. Water roux: dalam panci, campur air dan tepung terigu. Aduk rata sampai halus dan tidak bergerindil.
2. Masak dengan api sedang sampai kental. Tandanya apabila diaduk dengan sendok maka akan terbentuk jejak sendoknya di dasar panci. Jangan sampai mendidih. Sisihkan hingga dingin.
3. Roti: Campur semua bahan kering kecuali margarin dan garam. Uleni hingga kalis. Tambahkan margarin dan garam, uleni lagi hingga elastis.
4. Tutup dengan cling warp dan fermentasikan sampai mengembang dua kali lipat.
5. Bagi 4 adonan. Ambil satu bagian. Pipihkan dan oles bahan filling tapi jangan sampai pinggir. Tabur kismis.
6. Gulung seperti bolu gulung. Potong-potong dan letakkan di loyang bersemir margarin. Lakukan dengan adonan yang lain. Diamkan.
7. Setelah 45 menit, semprotkan bahan toping keatas roti membentuk spiral dan tabur kismis. Panggang dengan suhu 180 C selama 15-20 menit. Angkat dan dinginkan. 

Selamat Mencoba ^_^





With Love






post signature

No comments: