Tahu Isi



Bismillah

Gorengan...oo gorengan. Cemilan favorit sepanjang masa. Apalagi tahu isi, number one, dari kecil sampe sekarang suka sekali dengan tahu isi. Tapi lebih suka yang isi kentang dan sayuran seperti ini. Enak banged. Makannya pakai cabe rawit. Eh rawitnya lupa kefoto. Hihihi.

Sekalian juga buat nampilin talenan unik dari icha. Icha dan keluarga umroh dan bawa oleh-oleh talenan yang lagi kekinian ini. Akhirnya punya sesuatu yang pake decoupage deh. Jazakillahu khairan ya sai, ni talenannya udah ikutan narsis,,,hehehe.

Tahu isi ini termasuk gorengan yang cukup ribet proses pembuatannya. Kalau gorengan jenis lain palingan potong dan balur tepung bumbu terus goreng. Kalau tahu isi, proses menggrengnya aja dua kali. Tahunya dipotong trus digoreng. Sayuran buat isinya ditumis, diisikan ke tahu goreng, balurin tepung bumbu, baru deh digoreng lagi. Karena suka dan kangen makan tahu, jadi bela-belain deh sedikit ribet. Alhamdulillah dibantu zauji. Yang bikin tambah malas sebenarnya ke dapur akhir-akhir ini, karena hawanya panas banged. Musim panas di dapurku yang comel tanpa lubang udara, hadeeeh serasa sauna. Makanya mulai jarang buat cemilan, kecuali kalau udah kangen banged seperti tahu ini.

Oya teman-teman, coba lihat deh penampakan tahu yang atas sama yang bawah, agak beda kan? yang atas itu tepung bumbunya tanpa telur, jadi nggak ada bulir-bulir seperti yang bawah. Dua-duanya enak kok. Cuma pengen coba aja membandingkan yang pakai telur dan nggak pakai. 


Resep Tahu Isi Sayuran
Sumber: Dapur Comel Selma

Bahan:

1. 1 bungkus tahu atau 15 buah tahu, goreng
2. 100 gram tepung terigu
3. 50 gram tepung beras
4. 1 butir telur
5. Air secukupnya
6. Garam secukupnya

Bahan Isian:

1. 150 gram buncis, potong kecil
2. 150 gram toge, buang ekornya
3. 1 buah kentang, potong dadu
4. 1 batang daun bawang, iris halus

Bumbu Halus:

1. 3 siung bawang merah
2. 2 siung bawang putih
3. 1 sdt merica
4. Garam secukupnya

Cara Membuat:

1. Tumis bumbu halus hingga wangi. Masukkan kentang dan buncis, masak hingga setengah matang. Masukkan toge. Masak hingga matang.
2. Tabur dengan daun bawang, aduk dan matikan api.
3. Kerat tahu dan isi dengan sayuran tumis.
4. Campur tepung terigu, tepung beras dan telur. Aduk-aduk hingga rata. Tuang air sedikit demi sedikit hingga kekentalan yang diiinginkan. Bubuhkan garam.
5. Balur tahu dengan adonan tepung. Goreng di minyak panas dengan api sedang hingga kuning kecoklatan. Sajikan.

Selamat Mencoba ^_^

With Love 




post signature

No comments: