Puding Kacang Hijau Lapis Pandan dan Gula Merah



Bismillah

Puasa hari ketiga lagi-lagi pakai puding. Habis zauji ditawari yang lain nggak mau. Maunya puding katanya. Buat dua jenis macam puding deh. Yang ini namanya puding kacang hijau. Buatnya karena kebetulan ada sisa bubur kacang hijaunya anak-anak. Sengaja dibuat yang lapis supaya lebih cantik penampilannya. Yang lapisang gula merahnya wangi banged. Zauji dan anak-anak suka, alhamdulillah. 

Alhamdulillah puasa nggak begitu berat. Walaupun harus menyusui de ruqayyah. Karena sebelumnya juga udah latihan dengan puasa ganti yang bejibun. Hutang dari tahun lalu karena hamil. Masih bisa juga bikin ini itu. Pengennya bikin cake, tapi ya nunggu request aja deh. Takut nggak kemakan. Kalau puasa gini yang lakunya ya yang seger-seger gitu deh. Yang belemak-lemak suka disisihkan. Ok deh, langsung resepnya aja ya. InsyaAllah bikinnya mudah. Tips bikin puding lapis, melapis pudingnya, ketika menuangnya perlahan aja ya. Trus lapisan bawahnya harus udah berkulit tapi jangan keras. Karena kalau keras, ntar lapisannya nggak menempel atau lepas-lepas. 


Resep Puding Kacang Hijau Lapis Pandan dan Gula Merah

Bahan A:

1. 1 bungkus agar-agar plain
2. 1 sdt jeli bubuk plain
3. 200 gram kacang hijau rebus, blender
4. 750 ml santan
5. 1/2 sdt garam

Bahan B:

1. 100 gram gula merah
2. 50 ml air

Bahan C:

1. 100 ml air pandan suji
2. 100 gram gula pasir


Cara Membuat:

1. Campur semua bahan A. Aduk rata dan bagi dua sama banyak.
2. Masak bahan B lalu saring. Campur dengan 1/2 bahan A. Rebus campuran AB hingga mendidih. Tuang ke dalam loyang segitiga. Anginkan hingga berkulit.
3. Campur sisa bahan A dengan bahan C. Rebus hingga mendidih. Tuang perlahan diatas lapisan gula merah tadi. Bekukan dan sajikan.

Selamat Mencoba ^_^



With Love




post signature

2 comments:

Novia Syahidah said...

Wah enak banget kayaknya mbak Selma. Jd pengen bikin. Makanan kesukaan saya yg tipe2 begini nih hehe...


Dapur Comel Selma said...

iya mbak Novia, puding yang pakai santan tu lain enaknya ya...bahasa kaminya "lemak"...hehee...apalagi pakai gula merah begini...yummy
coba bikin yuk mbak
makasi udah mampir dan left comment ya ^_^