Coffee Bun



Bismillah

Zaman waktu kecik-kecik dulu, kalau ada sodara yang ke jakarta, atau kebetulan ke jakarta, kami selalu nitip donat merk "Dunkin Donut" dan coffee bunnya "Roti Boy". Terkenal banged yummy dan khas rasanya. Sekarang di mall-mall udah ada coffee bun ini. Roti lembut dan ada butter yang meleleh ketika digigit, dan yang paling khas toping kopinya yang krispi. Karena penasaran inilah memberanikan diri buat coffee bun sendiri. Udah lama sih dibookmarked resepnya, tapi baru dibikin sekarang. Hasilnya enak. Tapi belum bisa semirip coffee bunnya "Roti Boy". Rotinya lembut banged dan topingnya krispinya unik. Mudah-mudahan suatu saat bisa membuat yang mirip atau mendekatilah.


Resep Coffee Bun
Sumber: Hesti Kitchen

Bahan:

1. 400 gram tepung terigu protein tinggi
2. 200 gram tepung terigu protein sedang
3. 120 gram gula pasir
4. 1 sachet ragi instan
5. 2 sdm susu bubuk
6. 3 kuning telur
7. 1 sdt garam halus
8. 75 gram margarin
9. 300 ml air hangat

Bahan Isi:

1. Butter salted secukupnya, bekukan lalu bagi menjadi 10 kubus kecil sekitar @ 5 gram.

Topping Kopi:

1. 50 gram butter
2. 40 gram gula halus
3. 38 gram telur kocok
4. 1 sdt kopi instan larutkan dengan 1 sdt air hangat
5. Sejumput bubuk kayu manis
6. 50 gram tepung terigu protein rendah

Cara Membuat:

1. Masukkan ragi instan ke dalam 150 ml air hangat. Tambahkan 1/2 sdt gula pasir, aduk rata dan biarkan selama 15 menit.
2. Campur semua bahan kering seperti terigu, gula, susu bubuk ke dalam wadah. Aduk rata.
3. Masukkan kuning telur lalu ulen. Tuang air ragi dan sisa air 150 ml. Masukkan garam dan mentega. Ulen hingga kalis elastis.
4. Fermentasikan selama 30 menit dengan ditutup kain lembab dan letakkan di tempat hangat.
5. Setelah mengembang dua kali lipat, kempeskan adonan. Timbang masing-masing sebesar 40 gram. Beri potongan butter beku, tutup rapat bentuk bulat. Letakkan dalam loyang bersemir margarin. Fermentasikan lagi selama 45 menit atau mengembang 2x lipat.
6. Topping kopi: Kocok mentega dan gula halus sampai lembut. Tambahkan telur lalu larutan kopi. Kocok rata. Masukkan tepung terigu dan sedikit bubuk kayu manis. Masukkan dalam piping bag dan simpan di kulkas.
7. Setelah coffe bun mengembang, semprotkan bahan toping diatasnya melingkar seperti obat nyamuk dimulai dari atas ke bawah. Panggang dengan suhu 200 C selama 12 menit sampai matang. 

Selamat Mencoba ^_^

With Love




post signature

No comments: