Dorayaki dan Pasta Kacang Merah




Bismillah

Kalau waktu kecilnya dulu suka nonton kartun doraemon pasti tau dong ya kue dorayaki favoritnya doraemon. Kue yang sebenarnya pancake madu ala jepang dengan isian pasta kacang merah. Kalau melihat doraemon pas makannya selalu ikut ngiler deh saya. Dan sebelumnya pernah beberapa kali buat dorayaki. Tapi belum pernah buat yang versi original dengan isian pasta kacang merah. Nah karena ketemu di baqolah kacang merah, eh langsung terfikir pengen buat dorayaki sendiri yang original. Walaupun nggak pakai azuka bean ala pasta kacang merahnya orang jepang. Yang ada cuma kidney bean. Yang ukurannya agak gede-gede, dalam bentuk kering pula. Resepnya pun saya ambil dari blog jepang yang alhamdulillah berbahasa inggris, jadi nggak susah mengikutinya. Kalau pakai bahasa jepang ntar bisa keriting ni kepala menerjemahkannya, hihii...

Dalam pembuatan dorayaki, bahan utamanya tentu pasta kacang merahnya. Pasta kacang merah dibuat dari kacang merah yang direbus sampai lumat dan lembut dengan tambahan gula. Menurutku pasta dalam resep ini cukup manis ya. Mungkin next time dikurangi aja takaran gulanya. Karena dorayakinya sendiri pun udah manis. Oya kalau bisa madunya jangan di skip ya, karena madu merupakan ciri khas dorayaki dan membuat rasanya beda dibanding pancake biasa. Aromanya juga wangi. Ni sampai bela-belain ke baqolah dulu beli madu karena kebetulan stok madu abis. Resep ini sudah saya terjemah bebas ya, jadi kalau mau lihat yang aslinya tinggal klik nama sumbernya.



Resep Pasta Kacang Merah
Sumber: Namiko Chen

Bahan:

1. 200 gram kacang merah
2. Air secukupnya
3. 200 gram gula pasir
4. Sedikit garam

Cara Membuat:

1. Rendam kacang merah semalaman. Cuci bersih kacang merah.
2. Taruh kacang merah di panci dan tuang air sebanyak 1-2 inchi diatas kacang merah. Masak dengan api besar.
3. Setelah mendidih, matikan api dan tutp kira-kira selama 5 menit.
4, Buang air rebusan dan saring kacang merah. Masukkan kacang merah dalam panci dan tambahkan air sampai ketinggian sedikit saja diatas kacang merah. Rebus dan setelah mendidih, turunkan panas api ke sedang cenderung lemah.
5. Sesekali tekan kacang merah dengan sendok kayu. Jika air terlalu banyak maka kacang akan pecah. Masak hingga kacang lembut ketika ditekan kira-kira selama sejam.
6. Besarkan api, masukkan gula dalam tiga tahap, sambil terus diaduk. Setelah air menyusut habis dan kacang benar-benar lumat, tambahkan garam dan matikan api.
7. Masukkan dalam wadah dan tutup dengan cling warp. Simpan dalam lemari es atau bisa langsung diolah atau dikonsumsi.



Resep Dorayaki
Sumber: Namiko Chen

Bahan:

1. 4 butir telur ukuran besar
2. 140 gram gula pasir
3. 2 sdm madu
4. 160 gram tepung terigu
5. 1 sdt baking powder
6. 1 sdt minyak goreng
7. 520 gram pasta kacang merah

Cara Membuat:

1. Dalam wadah besar, campur telur, gula dan madu. Aduk rata hingga mengembang.
2. Tambahkan tepung terigu dan baking powder, aduk rata. Diamkan dalam lemari es selama 15 menit.
3. Tambahkan 1-2 sdm air tergantung adonan hingga bisa dituang. 
4. Panaskan teflon, oles dengan minyak lalu bersihkan. Tuang 1 sendok sayur adonan dorayaki, panggang hingga muncul gelembung udara.
5. Balikkan lalu panggan selama lebih kurang 30 detik hingga matang. Angkat dan lakukan untuk semua adonan.
6. Beri pasta kacang merah agak banyak dan tutup dengan kulit dorayaki. Sajikan.

Selamat Mencoba


With Love




post signature

No comments: