Es Kacang Merah



Bismillah

Berawal dari penemuan kacang merah di baqolah, setelah sekian tahun baru kali ini lihat kacang merah di madinah. Selain itu memang dulu-dulu nggak suka kacang merah (namanya anak-anak, apalagi dulu cuma dibikin sup aja). Iseng nyoba beli, soalnya harganya lumayan mihil. Kacangnya tipe yang gede atau bisa disebut juga kidney red bean, karena bentuknya yang seperti ginjal. Kacang merah di indonesia memang nggak begitu banyak olahannya, dan bukan menjadi sesuatu yang khas, beda dengan kacang tanah, kacang hijau dan kacang kedelai. Berbeda dengan di negara jepang dan korea, mereka sudah terbiasa mengolah kacang merah menjadi pasta dan isian kue khas mereka. Kalau makanan khas kita palingan  sup kacang merah, bubur kacang merah atau es kacang merah.

Nah buat olahan perdana nih, mesti olahan tanah air tercinta dong ya. Maunya yang seger dulu, menyesuaikan dengan musim panas. Dan jadilah es kacang merah ini. Pakai resep mbak endang yang katanya legit dan nikmat. Alhamdulillah enak ternyata, seger, sukaa...apalagi harits, lahap banged. Bosen bikin burjo, ganti jadi burmer, hihihi. Kalau mau anget ya nggak usah dikasi es ya. Cocok pas udara sejuk seperti di pagi hari.

Ada beberapa tips membuat es kacang merah dari mbak endang. Supaya masaknya nggak lama, JANGAN memasukkan gula sebelum kacang merah benar-benar empuk. Jadi masak aja kacang dengan air sampai empuk benar, kemudian tambahkan gula. Jika gula dimasukkan dari awal kacang akan susah empuk, bisa berjam-jam, wah capek banged ya. Kacang merah lebih lama empuk dibandingkan kacang ijo. Oya jangan lupa rendam dulu semalaman ya, kira-kira 8-12 jam.


Resep Es Kacang Merah
Sumber: Just Try and Taste

Bahan:

1. 200 gram kacang merah kering
2. 1 L air
3. 1/2 sdt garam
4. 2 sdm gula merah, sisir
5. 1 sdm coklat bubuk, cairkan dengan 100 ml air sebelum dimasukkan ke rebusan kacang (hanya supaya kaya rasa dan warna, aslinya nggak pakai dan bisa di skip)

Bahan Kuah:

1. 300 ml santan kental
2. 1 sdm tepung maizena

Cara Membuat:

1. Rendam kacang merah semalaman.
2. Didihkan 2 L air, masukkan kacang dan rebus hingga kacang benar-benar empuk.
3. Jika telah empuk, masukkan gula, garam, vanili, coklat bubuk, dan masak hingga gula meresap dan kuah menyusut. Angkat dan sisihkan.
4. Kuah: Masukkan santah ke dalam panci, larutkan tepung maizena dengan santan hingga larut, kemudian masukkan ke dalam santan. Masak sambil diaduk-aduk hingga mendidih dan kental. Angkat.
5. Siapkan mangkuk saji, masukkan beberapa sendok kacang merah dan sausnya, tuang kuah dan beri tambahan es batu. Sajikan.

Selamat Mencoba ^_^

With Love






post signature

No comments: