Getas Ketan Hitam








Bismillah

Hari ini buat tiga macam olahan dengan tepung ketan hitam. Udah nggak sabar ingin mengolah oleh-oleh tepung ketan hitamnya. Udah ngences, hihii. Yang paling penasaran bikin getas ketan hitam. Warnanya cantik. Sekalian memahirkan bikin bestanya. Rasanya menurutku enakan yang tepung ketan putih. Lebih kenyal dan mengembang. Kalau yang ketan hitam ini lebih kearah legit. Cuma ada uniknya, berasa tekstur ketan hitam dan wanginya. Anak-anak suka semua olahan ketan hitamnya. Sengaja bikin setengah resep aja per macamnya, kecuali chiffon, full resep. Sore hari semua udah ludes, hihihi. 




Resep Getas Ketan Hitam
Sumber: Ayudiah Respatih

Bahan:

1. 200 gram tepung ketan hitam
2. 100 gram kelapa parut kasar
3. 1/2 sendok teh garam
4. 125 ml santan hangat dari 1/2 butir kelapa
5. 500 ml minyak untuk menggoreng

Pelapis:

1. 100 gram gula pasir
2. 75 ml air
3. 2 lembar daun pandan, disimpulkan

Cara Membuat:

1. Campur tepung ketan hitam, kelapa parut kasar, dan garam. Aduk rata. Tuang santan sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis. Ambil sedikit adonan. Bentuk oval pipih. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan dengan api sedang sampai matang. Angkat dan dinginkan.
2. Pelapis: panaskan gula pasir, gula merah, air, dan daun pandan sambil diaduk sampai berbusa dan kental. Tambahkan gemblong. Aduk sampai terbalut. Matikan api. Aduk sampai terbalut gula dan kering.

Selamat mencoba ^_^




With Love





post signature

No comments: