Getuk Gulung




Bismillah

Assalamu'alaykum...
Kaifa halukunna? Apa kabar teman-teman? Tentu sehat ya.
Masih tentang singkong "frozen" kemarin. Ternyata cuma bisa diolah jadi 3 macam aja. Padahal udah diplanning untuk jadi 7 macam (ihii maruk ya). Tapi nggak papa, insyaAllah masih bisa beli dan buat lagi.

Sejak insiden hape tercebur dalam bak, hati ini suka nelangsa. Soalnya dalam hape itu udah banyak resep yang saya copas dan bookmark. Sekarang terpaksa browsing ulang, dan tentu saja dapatnya nggak sebanyak kemarin. Udah lupa aja resep mana aja yang mau dibikin. Mudah-mudahan segera dapat ide lagi ya. Huhuhu sedih banged.

Getuk gulung ini sebenarnya rada gagal. Bukan di rasa, karena rasanya ini enak banged. Heran deh, biasanya saya nggak suka sama yang namanya singkong. Tapi ini kok jadi suka. Apa mungkin kangen karena dah lama nggak makan? Atau mungkin karena rasanya yang beneran enak? Manisnya pas, dan singkongnya wangi. Kenapa dikatakan agak gagal karena bentuknya itu loh, nggak cantik. Gulungan bagian dalamnya nggak keliatan. Warnanya nyampur putih sama pink. Mungkin karena menggilingnya asal-asalan, masih kasar singkongnya. Begitulah kalau bikin sesuatu nggak sepenuh hati, ada aja yang kurang. Jadi memasak dan baking itu juga butuh konsentrasi dan fokus. Kalau disambi hasilnya sering kali tak seindah yang diharapkan. Ok deh, mana tau ada yang penasaran resepnya, saya bantu share aja ya.


Resep Getuk Gulung
Sumber: Hesti Kitchen - Dapur 3D

Bahan:

1. 1 kg singkong, kupas dan kukus
2. 90 gram gula pasir
3. 1 sdm peres margarin
4. 1 tetes pewarna merah
5. Kelapa parut secukupnya yang dikukus dengan garam

Cara Membuat:

1. Haluskan singkong yang sudah dikukus dalam keadaan masih hangat, kemudian masukkan margarin dan gula. Aduk sampai tercampur rata.
2. Bagi menjadi dua bagian, beri pewarna merah salah satu bagian, aduk rata.
3. Siapkan loyang, kemudian alasi dengan plastik cukup besar kemudian ratakan adonan yang putih dengan cara ditekan-tekan. 
4. Tambahkan adonan merah diatas adonan putih lalu ratakan dengan sedikit ditekan-tekan agar padat.
5. Keluarkan dari loyang dan balikkan adonan diatas makisu yang sudah dialasi plastik. Gulung sambil ditekan agar padat. Dinginkan di suhu ruangan. 
6. Potong sesuai selera dan sajikan dengan taburan kelapa.

Selamat Mencoba ^_^

With Love







post signature

No comments: